Kholisin, Muhammad (2017) Konsep pendidikan kepribadian dalam perspektif Hasan Al-Banna terhadap pembinaan spiritual remaja. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13110118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini merupakan kajian historis atas konsep pendidikan kepribadian menurut Hasan al-Banna, permasalahan yang ingin dijawab adalah konsep apa saja yang dituju dalam pendidikan kepribadian dan bagaimana implikasi konsep pendidikan kepribadian dalam perspektif Hasan al-Banna terhadap pembinaan diri remaja. Di sini penulis mengkaji beberapa buku yang ditulis langsung oleh Hasan al-Banna maupun oleh orang yang mengupas pemikiran-pemikiran Hasan al-Banna, dengan cara menuliskan, mengedit, mengklasifikasi, mereduksi dan menyajikan data serta menganalisisnya secara kritis.
Hasan al-Banna, seorang tokoh pembaharu muslim modern yang memiliki latar belakang pendidikan tradisional Islam dan pemikiran Barat modern. Pada usia muda ia adalah nasionalis yang anti kolonialisme. Setelah dewasa berpaling pada revivalisme religius yang ingin memperbaiki komunitas kaum muslim. Dan cara yang efektif menurutnya adalah dengan dakwah dan tarbiyah. Sistem pendidikan yang dibangun al-banna bertitik tolak atas pendekatan melihat hakikat manusia sebagai pribadi yang holistik, yang meliputi aspek fikriyah, ruhaniyah dan jasmaniyah. Sebagai konsekuensi logisnya, maka pada tataran aplikasinya pendidikan diarahkan kepada pembentukan aspek-aspek tersebut secara seimbang dan integral.
Pendidikan kepribadian Hasan al-Banna yang mencakup aspek aqidah, intelektual, moral, sosial serta fisik semuanya dalam prosesnya harus berdasarkan pada Islam yang benar, yaitu dikembalikan hanya pada al-Qur’an dan sunnah Rasul. Ia harus independen, tidak tercampur oleh pemikiran-pemikiran yang bersimpangan dengan Islam.
Hasan al-Banna menjadikan remaja /pemuda sebagai sasaran utama tarbiyahnya. Melihat profil perilaku dan pribadi remaja yang menggambarkan adanya kegoncangan /belum mantapnya aspek-aspek dalam diri remaja seperti pada fisik, perilaku sosial, moralitas, religius, serta kognitif remaja yang itu bila tidak diarahkan benar-benar akan berakibat terbentuknya pribadi-pribadi yang kurang baik. Dengan aspek-aspek pendidikan kepribadian yang dicanangkan oleh
Hasan al-Banna, permasalahan-permasalahan yang muncul pada diri remaja sedikit banyak akan dapat teratasi.
ENGLISH:
This thesis is a historical study of the concept of personality education according to Hasan al-Banna, the problem to be answered is the concept of what is addressed in the education of personality and how the implications of the concept of personality education in the perspective of Hasan al-Banna to teenagers self-counseling. Here the author examines several books written directly by Hasan al-Banna as well as by the person who discusses the thoughts of Hasan al-Banna, by way of writing, editing, classifying, reducing and presenting data and analyzing them critically.
Hasan al-Banna, a modern Muslim reformer who has a background of traditional Islamic education and modern Western thought. At a young age he was an anti-colonialist nationalist. As adults turn to religious revivalism that wants to improve the Muslim community. And effective way according to him is with da'wah and tarbiyah. The educational system built by al-banna is based on the approach of seeing the nature of human as a holistic person, which includes aspects of fikriyah, ruhaniyah and jasmaniyah. As a logical consequence, then at the level of its application education is directed to the formation of these aspects in a balanced and integral.
Hasan al-Banna's personality education which includes aspects of aqidah, intellectual, moral, social and physical all in the process must be based on true Islam, that is returned only to the Qur'an and the sunnah of the Prophet. It must be independent, not mixed with thoughts that are in conflict with Islam.
Hasan al-Banna makes teenagers / youth as the main target of his tarbiyah. Looking at the profile of personal behavior and adolescents that describe the unsteady / unsettling aspects of the adolescent as in the physical, social, moral, religious, and cognitive behavior of adolescents that if not directed will actually result in the formation of unfavorable individuals . With aspects of personality education proclaimed byHasan al-Banna, the problems that arise in teenagers a little more will be resolved.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hasan Al-banna; spritual development; personality education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mely Santoso | ||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2018 14:38 | ||||||
Last Modified: | 30 Jul 2018 14:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10856 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |