Nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat Luqman ayat 12-19: Perspektif Tafsir Al-Mishbah

Arifin, Zainal (2017) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam surat Luqman ayat 12-19: Perspektif Tafsir Al-Mishbah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13110107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Al-Qur’an merupakan Rahmatan lil alamin, yang didalamnya terdapat banyak sekali Nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi manusia, agar manusia bisa menjalankan kehidupan dengan Nyaman dan tentram dan bisa selamat dunia dan akhirat. Pendidikan Agama Islam adalah sebuah proses pengembangan kepribadian manusia dengan mengasah dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang berpedoman pada Petunjuk Allah yakni Al-Qur’an dan Sunnah Rosulullah yak Al-Hadist. Tujuan Akhir dari Pendidikan Agama Islam yaitu membentuk pribadi-Pribadi yang ulul Albab, pribadi yang bisa menyelaraskan antara Ilmu dan Prilakunya, sehingga dapat membentuk pribadi manusia Haqiqi yakni manusia menjalakan segala aktifitasnya semata-mata untuk Allah dan dengan petunjuk Allah. untuk dapat mewujudkan Pendidikan Agama Islam yang baik dan efektif, kita sebagai manusia harus mengetahui nilai-nilai pendidikan Agama Islam serta metodenya yang berada didalam Al-Qur’an. Salah satu Ayat Al-Qur’an yang menerangkan Pendidikan Agama Islam terdapat pada Surat Luqman Ayat 12-19 yang didalam penelitian ini dikaji dengan Tafsir Al-Mishbah Karangan Mufassir dari Indonesia Bapak Quraih Shihab. Yang didalam pembahasan Kitabnya Ini pada Surat Luqman Ayat 12-19 banyak mengandung pesan-pesan Pendidikan Agama Islam bagi seluruh umat.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)apa nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam kisah Luqman al-Hakim dalam Surat Luqman ayat 12-19 (Tela’ah tafsir al-Mishbah)..? 2) Bagaimana metode yang digunakan agar mencapai keefektifan Nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam kisah Luqman al-Hakim pada surat Luqman Ayat 12-19 (Tela’ah tafsir al-Mishbah).? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai dan metode Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam kisah Luqman al-Hakim Dalam surat Luqman ayat 12-19 (Tela’ah tafsir Mishbah).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kepustakaan tekhnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari sumber utama Al-Qur’an dan Hadits serta Kitab Al-Mishbah. Penulis menggunakan tekhnik analisis isi dan tafsir tematik untuk menemukan Nilai dan metode pendidikan Agama Islam yang terkandung didalam Surat Luqman Ayat 12-19 (tela’ah Tafsir Al-Mishbah).

Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa nilai-nilai dan metode pendidikan yang terdapat dalam Surat Lqman Ayat 12-19 adalah Nilai-Nilai: Nilai Hikmah, larangan syirik, perintah Bersyukur, larangan kufur, birrul wa lidain, Laragan sombong, larangan Angkuh, larangan berlebih lebihan. Metode Pendidikan yang terkandung: Sebelum mengajar harus memiliki ilmu dan Akhlak yang baik, mengajar dengan penuh kasih sayang, mengajar dengan penuh Ikhlas.

ENGLISH:

Al-Qur'an is Rahmatan lil alamin, in which there is a lot of values of Islamic religious education for human, so that human can run thier lives comfortably and peacefully and can be safe in this world and hereafter.Islamic Religious Education is a process of developing human personality by sharpening and instilling the values of life which is guided by Allah’sguidance namely Al-Qur'an and the Sunnahof the Prophet namely Al-Hadith.The ultimate goal of the Islamic Religious Education is to form individuals who are ululAlbab, a person who can harmonize between the Science and the Practice, so as to form the Haqiqi human personalin which that person does all his activities solely for Allah and with Allah's guidance.To be able to realize a good and effective Islamic Religious Education, we as human beings must know the values of Islamic education and its methods in the Qur'an.One of the verses of the Qur'an that explains the Islamic Religious Education is in SuratLuqmanverses 12-19 which in this study was studied with Tafsir Al-Mishbahcomposed by a Mufassir from Indonesia Mr. QuraihShihab.Which in the discussion of the Book inSuratLuqman Verses 12-19 contained many messages of Islamic Education for all people.

The formulation of problems in this study were: 1) what values of Islamic religious education contained in the story of Luqman al-Hakim in SuratLuqman verses 12-19 (study oftafsir al-Mishbah) ..?2)How was the method used to achieve effectiveness of values of Islamic education in the story of Luqman al-Hakim in Surat Luqman Verses 12-19 (study of tafsir al-Mishbah).?The purpose of this study was: To know and describe the values and methods of Islamic Education contained in the story of Luqman al-Hakim InSurat Luqman verses 12-19 (study of tafsiral-Mishbah).

This study used a qualitative approach type of literature with data collection techniques was using documentation from the main sources of Al-Qur'an and Hadith and the Book of Al-Mishbah.The author usedtechniques of content analysis and thematic interpretations to find the values and methods of Islamic education contained in SuratLuqman Verses 12-19 (Study of Tafsir Al-Mishbah).

The results of research showed that the values and methods of education contained in Surat Luqman Verses 12-19 were the values of: Wisdom, prohibitionof shirk, the commandof gratitude, prohibitionof Kufr, birrulwalidain, prohibition of arrogance, prohibition of boast, prohibition of being excessive.The educational methods contained were: Before doing a teaching someone had to have good knowledge and morals, teach with affection, teach with full of sincerity.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, A
Keywords: Nilai Pendidikan Islam Yang Efektif; Surat Luqman Ayat 12-19; Tafsir Al-Mishbah; Values of Effective Islamic Education; Surat Luqman Verses 12-19;
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mely Santoso
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:36
Last Modified: 30 Jul 2018 07:38
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item View Item