Nur, Ahmad (2017) Konsep nilai-nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FullText)
13110006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada kenyataannya zaman sekarang ini masyarakat kita mengalami krisis moral, fenomena yang banyak terjadi sudah jauh dari nilai- nilai ajaran Al-Qur’an, oleh karena itu pemerintah mengembangkan program pendidikan karakter untuk mengantisipasi krisis moral yang lebih serius dengan mengacu pada pedoman pelaksanaan pendidikan karakter yang disusun oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Oleh karena itu pengembangan pendidikan karakter yang sesuai dengan Al-Qur’an mutlak dilakukan, dalam surat Al-Isra’ melalui kajian beberapa tafsir. Adapun rumusan penelitian ini mencakup (1) nilai-nilai pendidikan karakter apa yang terkandung dalam tafsir QS. Al-Isra’ ayat 23-38 ? (2) bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam QS. Al-Isra’ ayat 23-38 pada pendidikan Islam sekarang ini ?
Penelitian ini merupakan penelitian library research (kajian pustaka), melalui metode deskriptif kualitatif, yang menggunakan pendekatan field research atau pendekatan kajian yang didasarkan pada studi lapangan. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dengan cara mencari literature yang berkaitan dengan objek penelitian, mengelompokkan data berdasarkan sistematika penelitian yang telah disiapkan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi, yaitu menelaah ayat-ayat yang berkaitan dengan pendidikan karakter, dan mengelompokkannya menjadi beberapa poin-poin penting.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Konsep nilai-nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-38 dapat disimpulkan bahwa nilai- nilai pendidikan karakter meliputi (1) nilai religius (2) nilai jujur (3) nilai disiplin (4) nilai kerja keras (5) nilai cinta damai (6) nilai peduli sosial (7) nilai tanggung jawab. 2. Implementasinya pada pendidikan Islam sekarang ini yaitu dengan menggunakan metode (1) Internalisasi nilai positif yang ditanamkan oleh semua warga sekolah (2) Pembiasaan, Pembudayaan dan latihan (3) Pemberian contoh dan teladan. (4) Penciptaan suasana berkarakter di sekolah (5) Pengintegrasian nilai dan etika pada setiap mata pelajaran.
ENGLISH:
Factually, our society is experiencing a moral crisis today; the phenomena are far from the values of the teachings of the Qur'an. Therefore, the government has developed a character education program to anticipate the serious moral crisis by referring to the guidelines of the implementation of character education that is compiled by the Ministry of National Education. Therefore, developing the character education is in accordance with the Qur'an, in Surah al-Isra 'through the study of some interpretations. The statements of the problems includes (1) what are the values of character education in the Quran of Surah Al-Isra 'verses 23-38? (2) how are the implementation of the values of character education in the Quran of Surah Al-Isra 'verses 23-38 toward Islamic education today?
The research was library research, through qualitative descriptive method, that used field research approach or study approach based on the field study. Data collection used documentation method, by searching the literature that related to the object of research, grouping data based on systematic research that has been prepared. Data analysis was done by content analysis technique, by studying the verses that were related to the character education, and grouping into several important points.
The research results showed that 1. The concept of the values of character education in Al-Qur'an surah Al-Isra 'verse 23-38 can be concluded that the values of character education included (1) religious values (2) honesty values (3) discipline values (4) the values of hard work (5) the values of peace love (6) the values of social care (7) the values of responsibility. 2. The implementation of Islamic education today uses (1) Internalization of positive values that are instilled by all citizens of the school (2) Habituation, Culture and Exercise (3) Giving example and role model. (4) the creation of characteristic atmosphere at school (5) integrating the values and ethics on each subject.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Smeer, Zeid B | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep; Nilai Pendidikan Karakter; Surah Al-Isra’; Concept; Character Education Value; Surah Al-Isra' | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 23 May 2018 11:31 | ||||||
Last Modified: | 23 May 2018 11:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10841 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |