Rokhman Wakhid, Abdur (2017) Analisis buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13110193.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam menunjang keberhasilan suatu pendidikan diperlukan sarana yang bisa menjadi panduan dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu penggunaan Buku Teks dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran Buku Teks merupakan salah satu komponen penting dari Kurikulum 2013. Buku teks berisi bahan/materi dalam bentuk tertulis yang digunakan sebagai sumber informasi bagi peserta didik dan pengajar yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu, masa sekarang, dan masa depan sehingga memperluas wawasan pembacanya serta dapat menjadi inspirasi untuk memperoleh gagasan baru. Lantas bagaimanakah bahan/materi dan sajian pada buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X \ ?
Untuk mengetahu konsep latar belakang diatas maka rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana akurasi materi pada Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X ? 2) Bagaimana kelayakan penyajian pada Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X? Dalam menjawab pertanyaan diatas penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan), dimana data penelitian dikumpulkan melalui telaah terhadap buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara. Adapun sumber datanya yaitu: sumber utama (primer) adalah buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X dan sumber data sekundernya yaitu: buku-buku penunjang lain yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam. Sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan metode content analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Akurasi materi pada buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X memiliki 5 unsur akurasi, yaitu : a. akurasi konsep atau definsi pada pokok bahasan 5 saja yang belum akurat, b. akurasi prinsip pada pokok bahasan 1 saja yang belum akurat, c. akurasi prosedur pada pokok bahasan 4 saja yang akurat, d. akurasi contoh, fakta,dan ilustrasi pada semua pokok bahasan akurat, e. akurasi soal pada semua pokok bahasan belum cukup untuk melatih kemampuan siswa: 2) Penyajian pada buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X memiliki 8 unsur, yaitu : a. konsistensi sistematika sajian belum sistematis, b. penulisan ayat al Qur’an dan hadits sesuai BSNP, c. kata pengantar layak disajikan, d. glosarium belum ditulis secara alfabetis, e. daftar pustaka belum layak disajikan, f. rangkuman sudah layak untuk disajikan, g. tidak menyajikan daftar indeks, h. Keterlibatan peserta didik sudah disajikan pada setiap pokok bahasan.
ENGLISH:
In supporting the success of an education required a tool that can be a guide in the learning process one of which is the use of Textbook in the learning process. In the textbook learning process is one of the important components of the Curriculum 2013. Textbooks of materials / materials in written form that are used as a source of information for learners and teachers that can be exploited to find out what happened in the past, present, and future so as to broaden the reader's insight and can be an inspiration for new ideas. So how materials / materials and dish on the book Student History of Islamic Culture Class X?
To know the above background concept then the formulation of this research problem is 1) How the accuracy of the material on Student Book History of Islamic Culture Class X? 2) How is the presentation feasibility in Student Book History of Islamic Class X Culture? In answering the question above, this research is designed by using the type of research library research (library research), where the research data collected through the study of the book Student History of Islamic Culture Class X. And methods of data collection used is the method of documentation and interview. The source data is: primary source (primary) is the book students History of Islamic Culture Class X and secondary data sources are: other supporting books related to the History of Islamic Culture. While in analyzing data writer use method of content analysis.
The results of this study indicate that: 1) Accuracy of material on the book Student History Islamic Culture Class X has 5 elements of accuracy, namely: a. the accuracy of concepts or definitions on subject 5 are not accurate, b. principle accuracy on subject 1 is not accurate, c. accurate procedures on subject matter 4 are accurate, d. accuracy of examples, facts, and illustrations on all subjects is accurate, e.accuracy reserved on all subjects is not enough to train students ability: 2) Presentation on the book Student History Islamic Culture Class X has 8 elements, namely: a. systematic consistency of dish dish is not systematic, b. the writing of the Qur'an and Hadith according BSNP, c. preface worthy of presentation, d. glossary not yet written alphabetically, e. the bibliography is not yet eligible to be presented, f. the summary is eligible to be presented, g. does not present index list, h. The involvement of learners has been presented on each subject.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis; Buku siswa; Sejarah Kebudayaan Islam; Analysis; Student Book; History of Islamic Culture | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mely Santoso | ||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2018 14:26 | ||||||
Last Modified: | 30 Jul 2018 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10839 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |