Pengaruh pola asuh orang tua dan interaksi sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Nisa’, Rofiatun (2018) Pengaruh pola asuh orang tua dan interaksi sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15761008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Hasil belajar merupakan hasil pencapaian siswa dalam mengerjakan tugas atau kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor eksternal yang dimaksud adalah pola asuh orang tua dan interaksi sosial siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis: 1) Bentuk pola asuh orang tua, kondisi interaksi sosial, dan hasil belajar. 2) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar. 3) Pengaruh interaksi sosial antara siswa dengan siswa lainnya terhadap hasil belajar. 4) Pengaruh pola asuh orang tua dan interaksi sosial antara siswa dengan siswa lainnya terhadap hasil belajar siswa di MI se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 119 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F.

Hasil penelitian di MI se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pola asuh orang tua mayoritas adalah pola asuh demokratis artinya komunikasi antara orang tua dan anak dilakukan dengan baik, penghargaan dan hukuman sesuai, hak dan kewajiban anak seimbang. Kondisi interaksi sosial siswa berada pada kategori sedang artinya siswa mampu berkomunikasi, bersikap, berdiskusi maupun presentasi di depan kelas dengan percaya diri sedangkan hasil belajar matematika siswa berada pada kondisi sedang artinya terdapat perubahan kemampuan berpikir, keterampilan, serta sikap siswa menjadi lebih baik. 2) Pola asuh orang tua berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa artinya orang tua yang selalu memantau dan mendampingi kegiatan belajar anaknya di rumah, akan berpengaruh terhadap semangat, minat serta hasil belajarnya di sekolah. Siswa akan mampu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik dan penuh tanggung jawab. 3) Interaksi sosial siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa artinya mereka yang mampu berbicara dengan mudah di depan kelas pada saat menyampaikan pendapat, akan memotivasi berprestasi dengan baik dan akhirnya mempengaruhi hasil belajar mereka.4) Pola asuh orang tua dan interaksi sosial berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa artinya pola asuh orang tua dan interaksi sosial secara bersama-sama mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

ENGLISH:

Learning outcome is students’ achievement in accomplishing tasks or learning activities. Students’ learning outcomes are influenced by several factors, including external factors. In this case, it is the parenting style of parents and students’ social interaction.

This study aims to know and analyze: 1) the parenting pattern of parents, condition of social interaction, and learning outcomes. 2) The influence of the parenting styles of parents on the learning outcomes. 3) The influence of social interaction among students on the learning outcomes. 4) The influence of parenting styles of parents and social interaction among students on students’ learning outcomes in Islamic Elementary School in Lowokwaru District, Malang City.

This study employs qualitative research with a sample of 119 students. The data collection techniques are questionnaire, and documentation. The data analysis techniques are descriptive analysis, regretion linear analysis, t test and F test.

The results of the study, which was conducted in all Islamic Elementary Schools in Lowokwaru Districts in Malang city, indicate that: 1) the majority of parenting pattern of parents is democratic parenting style which means that the communication between parents and children is well conducted, rewards and punishment are proper, and the children’s rights and obligations are balanced. The students’ social interaction condition is categorized in medium level indicating that students are able to communicate, behave, as well as to discuss and do presentation in front of their classmates confidently. Meanwhile, students’ Mathematics lesson’s learning outcomes are in medium condition, which indicates that there is a good improvement of thinking ability, skill, and attitude of students. 2) Parents’ parenting style partially influences students’ learning outcomes indicating that parents always monitor and assist the children’s learning activity at home. It will affect children’s spirit, interest, and learning outcomes in school. Students will be able to accomplish the task given by their teachers with high responsibility. 3) Students’ social interaction influences their learning outcomes, which who are able to speak easily in front of the class while expressing their opinions, will be motivated to perform well and inluences their learning outcomes. 4) Parenting style of parents and students’ social interaction simultaneously influence students’ learning outcomes. It means that both the parenting style of parents and students’ social interaction are two of several factors influencing students’ learning outcomes improvement.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sutiah, Sutiah and Mahmudah, Siti
Keywords: Pola Asuh Orang Tua; Interaksi Sosial; Hasil Belajar; Parenting Style; Social Interaction; Learning Outcomes
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sayyidah Awwaliyah
Date Deposited: 20 Apr 2018 05:29
Last Modified: 20 Apr 2018 05:29
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10834

Actions (login required)

View Item View Item