Konsep modernisasi pendidikan Islam KH. Imam Zarkasyi dan implementasinya di Pesantren: Studi multikasus di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dan Darul Ukhuwah Malang

Prastowo, Agung Ilham (2018) Konsep modernisasi pendidikan Islam KH. Imam Zarkasyi dan implementasinya di Pesantren: Studi multikasus di Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dan Darul Ukhuwah Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
15771046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Lembaga pendidikan pesantren merupakan salah satu pusat pembangunan masyarakat secara keseluruhan. Dalam pandangan K.H Imam Zarkasyi tempat yang ideal untuk mencetak kader umat adalah pesantren. Pesantren mampu menanamkan sikap, pandangan, dan filsafat hidup.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Mengapa pesantren Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah mengimplementasikan konsep pendidikan K.H Imam Zarkasyi? 2) Bagaimana konsep modernisasi pendidikan islam K.H Imam Zarkasyi? 3) Bagaimana implementasi modernisasi pendidikan islam K.H Imam Zarkasyi di Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah? 4) Apa saja yang menjadi pendukung dan kendala Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah dalam mengimplementasikan modernisasi pendidikan islam K.H Imam Zarkasyi? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah mengimplementasikan konsep pendidikan K.H Imam Zarkasyi, untuk mengetahui konsep modernisasi K.H Imam Zarkasyi, untuk mengetahui implementasinya di pesantren Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah dan hal-hal yang menjadi pendukung dan kendala pesantren Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah dalam mengimplementasikan konsep modernisasi pendidikan K.H Imam Zarkasyi.

Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi pustaka dan studi multikasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Kesimpulan dalam tesis ini adalah: Pertama, pesantren Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah mengimplementasikan konsep pendidikan Islam K.H Imam Zarkasyi karena komodernan pendidikannya baik sistem, kurikulum maupun tujuan pendidikan. Kedua, kemodernan pendidikan Islam K.H Imam Zarkasyi yaitu integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah dan integrasi ilmu agama dan umum dalam bentuk KMI (Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah). Ketiga, Pesantren Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah telah menerapkan modernisasi pendidikan Islam K.H Imam Zarkasyi yaitu KMI dengan ciri khas masing-masing, Ta’mirul Islam mengadakan program tahfidz untuk santri tertentu. Sedangkan Darul Ukhuwah mewajibkan menghafal Al-Qur’an 16 Juz bagi setiap santri. Keempat, faktor pendukung Ta’mirul Islam adalah sudah disetarakannya/muaddalah KMI dengan MA, sedangkan kendalanya yaitu belum disetarakannya KMI dengan SMP/MTs. Faktor pendukung Darul Ukhuwah adalah kyai dan para guru merupakan santri K.H Imam Zarkasyi, sedangkan kendalanya yaitu belum disetarakannya KMI dengan MA/SMA dan SMP/MTs.

ENGLISH:

Pesantren education institution is one of the center of community development. According to K.H Imam Zarkasyi the ideal place to print the cadre of the ummah is pesantren. Pesantren is able to instill attitude, views, and philosophy of life.

The formulation of the problem in this research is 1) Why pesantren Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah implement the concept of education K.H Imam Zarkasyi? 2) How the concept of modernization of Islamic education K.H Imam Zarkasy? How are the implementation of modernization of Islamic education K.H Imam Zarkasyi in Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah? 4) What are the supporters and constraints of Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah in implementing the modernization of Islamic education K.H Imam Zarkasyi? While the purpose of this research are to know the reason of Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah implement the concept of education K.H Imam Zarkasyi, , to know the concept of modernization K.H Imam Zarkasyi, to know its implementation in Pesantren Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah and to know the things those become supporters and constraints of pesantren Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah in implementing the concept of modernization of education K.H Imam Zarkasyi.

While this type of research is literature study and Multicase study with qualitative descriptive approach. Methods of data collection are interviews, observation and documentation.

The conclusions in this thesis are: First, Pesantren Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah implement the concept of Islamic education K.H Imam Zarkasyi because the modernity of education including the system, curriculum and educational goals. Secondly, the modernity of Islamic education K.H Imam Zarkasyi is the integration of education system of pesantren and madrasah and integration of Islamic and general knowledge in the form of KMI (Kuliyyatul Muallimin Al-Islamiyah). Third, Pesantren Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah have applied modernization of Islamic education K.H Imam Zarkasyi namely KMI with their own characteristics, Ta'mirul Islam holds tahfidz program for certain santri. While Darul Ukhuwah requires memorizing the Qur'an 16 Juz for every student. Fourth, the supporting factor of Ta'mirul Islam is that it has been equaled KMI with MA, while the obstacle is that KMI has not equalized yet with SMP/ MTs. The supporting factor of Darul Ukhuwah are kyai and the teachers are studunts of K.H Imam Zarkasyi, while the obstacles is KMI has not been equaled yet with MA SMA and SMP MTs.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hasyim, Farid and Soleh, A. Khudori
Keywords: Konsep; Modernisasi Pendidikan Islam K.H Imam Zarkasyi, Implementasi; Pesantren Ta’mirul Islam dan Darul Ukhuwah; Concept; Modernization of Islamic Education K.H Imam Zarkasyi; Implementation; Pesantren Ta'mirul Islam and Darul Ukhuwah
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sayyidah Awwaliyah
Date Deposited: 20 Apr 2018 05:24
Last Modified: 20 Apr 2018 05:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10833

Actions (login required)

View Item View Item