Pendidikan Islam dalam menghadapi dekadensi moral di era globalisasi: Telaah Pemikiran Muhammad Tholhah Hasan

Baiturrahman, Bambang (2018) Pendidikan Islam dalam menghadapi dekadensi moral di era globalisasi: Telaah Pemikiran Muhammad Tholhah Hasan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15770072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Islam merupakan suatu proses untuk membentuk pribadi muslim yang seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia baik jasmani maupun rohaninya. Pendidikan Islam di era globalisasi ini dihadapkan pada permasalahan dekadensi moral, maka dari itu pendidikan Islam disatu sisi dituntut untuk mampu menanggulanginya, disisi lain dituntut untuk memenuhi kebutuhan global yaitu lulusan peserta didik yang berkualitas, mempunyai kemampuan intelektual, spiritual emosional dan fisik atau seperti dalam pandangan Tholhah yaitu beriman, berilmu, dan beramal.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Konsep Pendidikan Islam Perspektif Tholhah. (2) Untuk mengetahui konsep pengembangan potensi manusia perspektif Tholhah. (3) Untuk mengetahui faktor penyebab dekadensi moral persektif Tholhah. (4) Untuk mengetahui strategi pendidikan Islam dalam menaggulangi dekadensi moral perspektif Tholhah.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian induktif dan sosio-historis terkait dengan biografi tokoh/obyek yang diteliti. Dalam penelitian ini dikelompokkan pada penelitian kualitatif library research yaitu penelitian kepustakaan. Dengan teknik pengumpulan data dari perpustakaan berupa buku dan jurnal karya ilmiahnya Tholhah Hasan atau dokumen lainnya yang mendukung dalam penelitian ini, serta cross-chek ulang terhadap data tersebut dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu menggunakan metode analisis deskriptif, content analysis, analisis kritis.

Hasil penelitian, sesuai dengan rumusan masalah di awal bab dalam penelitian ini di fokuskan pada pemikiran Tholhah, antara lain yaitu: (1) Konsep pendidikan Islam menekankan pada mutu yang sesuai dengan tuntutan global. (2) Konsep pengembangan potensi manusia yaitu melalui pendidikan dan pembinaan yang mencakup akal, hati dan fisik. (3) Faktor penyebab dekadensi moral dikarenakan dua faktor yaitu internal dan eksternal. Secara internal dikarenakan krisis identitas (perubahan sosiologis dan biologis pada diri remaja) dan kontrol diri yang lemah. Secara eksternal dikarenakan intervensi dan habituasi yang kurang baik terhadap anak. (4) Strategi pendidikan Islam dalam menanggulangi dekadensi moral di era globalisasi menyangkut; penguatan pendidikan agama dalam keluarga, penguatan pendidikan agama dan moral di sekolah, peningkatan profesionalisme guru dan pengawasan terhadap perserta didik, peningkatan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan.

ENGLISH:

Islamic education is a process to create a Muslim’s personality as a whole and develop all human potential both physically and spiritually. In the era of globalization, Islamic education faced moral decadence problem. Therefore, Islamic education is required to be able to overcome it. On the other hand, it is required to be able to meet the global demands such as graduates who are qualified, are intellectual, as well as have spiritual and physical emotional, as stated in Tholhah's view namely faith, knowledge, and charity.

This study aims to find out: (1) The Concept of Islamic Education based on Tholhah’s perspective. (2) Human’s potential development concept based on Tholhah’s perspective. (3) The causes of moral decadence based on Tholhah's perspective. (4) The strategy of Islamic education in solving moral decadence based on Tholhah perspective.

This study employs inductive and socio-historical approach related to the biography of the observed object/figure. This study is categorized as qualitative research using library research. The data collection techniques are used to obtain data from the library such as books, scientific journals of Tholhah Hasan, or other supporting documents. Cross-checking is also performed through interview, observation, and documentation. The data analysis techniques are descriptive analysis, content analysis, and critical analysis.

The results of the research, according to the formulation of the problem at the beginning of the chapter, are focused on Tholhah’s thinking, namely: (1) The concept of Islamic education emphasizes on the quality in accordance with the global demands. (2) Human’s potential development concept through education and training that involve logics, heart and physics. (3) Factors causing moral decadence are due to two factors: internal and external. Internally, they are caused by identity crises (sociological and biological changes in adolescents) and weak self-control. Externally, they are due to the bad intervention and habituation for children. (4) The strategies of Islamic education in resolving moral decadence in the era of globalization concerns: a reinforcement of religious education in the family, a reinforcement of religious and moral education in schools, an improvement of teachers’ professionalism and students’ supervision, and public awareness increase toward education.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Muslimin, Imam and Amrullah, Abdul Malik Karim
Keywords: Pendidikan Islam; Dekadensi Moral; Islamic Education; Moral Decadence
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sayyidah Awwaliyah
Date Deposited: 20 Apr 2018 05:35
Last Modified: 20 Apr 2018 05:35
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item View Item