Arwani, Ragil (2017) Strategi pengembangan kelembagaan perguruan tinggi berbasis pesantren: Studi multi situs pada Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng dan Universitas Wahab Hasbullah Tambakberas. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15710016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang asli berasal dari Indonesia. Lembaga ini mempunyai potensi yang sangat besar dalam kemajuan dunia pendidikan dan juga untuk mengatasi globalisasi. Namun tidak menutup mata bahwa Pesantren juga memiliki berbagai permasalahan yakni berkaitan dengan kepemimpinan kyai yang sentralistik, metodologi dan disorientasi. Dari sinilah fungsi manajemen pendidikan Islam untuk revitalisasi Pesantren khususnya pengembangan kelembagaan Perguruan Tingginya agar mampu menjawab semua tantangan zaman dewasa ini.
Untuk mewujudkan hal tersebut penelitian ini mengambil 3 fokus penelitian yakni tentang apa saja aspek pengemangan kelembagaan Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren, bagaimana strategi pengembangan kelembagaannya dan juga hambatan dalam pelaksanaannya. Fokus ini diambil untuk menjelaskan aspek-aspek pengembangan kelembagaan Perguruan Tinggi berbasis Pesantren, mendeskripsikan strategi pengembangan kelembagaannya dan menjelaskan hambatan yang dihadapai dalam pengembangan kelembagaannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian multi situs. Kemudian untuk teknik dalam mengumpulkan data diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan observasi penulis secara mendalam. Hal ini dikarenakan agar dapat menjabarkan temuan secara detail dan komprehensif temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa aspek-aspek yang menjadi target pengembangan kelembagaan Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren adalah struktur organisasi, manajemen sistem administrasi birokrasi, sumber daya manusia, perbaikan fisik (sarana prasarana), pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dan perbubahan budaya organisasi. Untuk strategi pengembangan kelembagaannya meliputi beberapa tahap yakni menentukan pimpinan yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas dalam memimpin Perguruan Tinggi, mengembangkan tradisi keilmuan yang integratif, mengembangkan dan mengelola sumber daya manusia, mengembangkan dan mengelola sarana prasarana berbasis ICT dan yang terkahir mengembangkan entrepreneurship university sebagai sumber pendanaan. Selanjutnya untuk hambatan yang dihadapi berasal dari internal Perguruan Tinggi yakni SDM yang kurang berkualitas dari Pesantren dan juga SDA yang meliputi sarana prasarana sebagai penunjang pengembangan.
ABSTRACT
An Islamic Boarding School is an original Islamic educational institution that comes from Indonesia. This institution has great potential in the progress of education and also to overcome globalization. It also has various problems that relate to the leadership of the centralistic, methodology and disorientation teacher (kyai). The function of Islamic education management is to revitalize Islamic Boarding School, especially in developing the college institutions in order to be able to answer all the challenges of the time.
The research took 3 focuses of research about the aspects of institutional development of college based on Islamic Boarding School, and the strategy of institutional development and also obstacles in its implementation. The focus was taken to explain aspects of institutional development of college based on Islamic boarding school, describing the institutional development strategy and explaining the constraints that are faced by institutional development.
The research used qualitative approach, the research type was descriptive by using multi site research design. The techniques in collecting data were obtained in depth interviews, documentation and observation in order to describe the detail and comprehensive findings in the research.
The research results revealed that the aspects of institutional development target of college Based on Islamic Boarding School were organizational structure, management of bureaucracy administration system, human resources, physical improvement (infrastructure), utilization of information and communication technology and organizational culture change. The institutional development strategy included several stages, by determining the capacity and capability leaders in leading the university, developing an integrative science tradition, developing and managing human resources, developing and managing infrastructure based on ICT (Information Communication Technology) and developing entrepreneurship university as a funding source. Furthermore, the obstacles came from internal college, namely human resources have less qualified from Islamic Boarding School and also natural sciences which included infrastructure as the development supports.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Barizi, Ahmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Strategi; Pengembangan; Kelembagaan; Perguruan Tinggi; Pesantren; Strategy; Developing; Institutional; College; Islamic Boarding School | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | |||||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2018 14:49 | |||||||||
Last Modified: | 15 May 2023 09:03 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10814 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |