Rosyada, Ahmad Fajrin (2017) Rancang bangun kopling sentrifugal untuk turbin angin pembangkit listrik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12640027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kopling sentrifugal merupakan suatu alat yang memanfaatkan gaya sentrifugal sebagai pemutus antar poros input dan output pada suatu mesin motor matic. Sedangkan pemanfaatan kopling sentrifugal pada turbin angin dan cara menempatkannya diantara baling-baling dan generator sebagai pemutus putaran saat baling-baling mencapai kecepatan yang tertentu, sehingga memindahkan daya putar kepada poros generator bisa disebut sebagai rpm kontak (kecepatan putar poros pertama untuk mulai memutar poros kedua). Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik kopling sentrifugal, pengaruh perbandingan beban bandul dan pegas pada proses terjadinya rpm kontak. Kopling sentrifugal motor mio memiliki pegas standar 800 Rpm dan modif 1500 Rpm yang memiliki kecepatan perpindahan putaran yang berbeda. Pegas standar memiliki kecepatan awal gesekan ke cangkang kopling besarnya 186 rpm, beban 0 dan 387 rpm, beban 250 sedangkan pada pegas 1500 Rpm beban 0 sebesar 279 rpm dan beban 250 rpm didapat 387 rpm. Tetapi berbanding terbalik jika beban torsi besar maka kecepatan perpindahan putaran lebih cepat dibanding pegas standart dan daya yang didapat juga lebih besar seperti persamaan P=Q*2πn/60 karena daya dipegaruhi oleh torsi(beban), kecepatan peralihan pada awal perputaran juga dipengaruhi oleh beban bandul(kampas) yang digunakan, seperti pengujian kampas -10% lebih ringan didapat penurunan sebesar 306 rpm dari kecepatan kampas standar dengan pegas 1500 Rpm.
ENGLISH:
The centrifugal clutch is a device that utilizes centrifugal force as a breaker between input and output shafts on an automatic motor machine, the use of a wind turbine is a new research that places a centrifugal clutch between the propeller and the generator as a propeller spin-off reaching a certain speed so moving the rotary power to the generator shaft, it can be called the contact rpm (first axis speed to start the second axis). The research aimed at determining the characteristics of centrifugal clutch, the influence of load of pendulum and spring on the process of contact rpm. The centrifugal clutch of the Mio motor has a standard spring of 800 Rpm and modification of 1500 rpm which had a different rotation speed, the standard spring that had speed of first friction to to the clutch shell was faster 186 rpm, loads of 0 and 387 rpm, 250 loads, at 1500 rpm load 0 of 279 rpm and 250 loads were obtained 387 rpm, but it was inversely proportional to the large torque load then the speed of the rotation was faster than the standard spring, and the power was greater as in the equation P=Q*2πn/60 because the power was influenced by torque (load), the transition speed at the beginning of the rotation was also influenced by the load of pendulum, spring testing -10% was lighter, it was decreased by 306 rpm from standard spring speed with spring of 1500 Rpm
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hananto, Farid Samsu and Syarifah, Umaiyatus | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Rancang Bangun Kopling Sentrifugal Untuk Turbin Angin Pembangkit Listrik; The Design of Centrifugal Clutch for Electric Wind Turbine | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Fisika | |||||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | |||||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2018 14:42 | |||||||||
Last Modified: | 19 Apr 2018 14:42 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10789 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |