Syakroni, Mizan (2017) Strategi komunikasi pemasaran produk pembiayaan pemilikan rumah (PPR) di lingkungan penduduk mayoritas non-muslim: Studi pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13540046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Denpasar memiliki tantangan yang lebih besar dalam menarik nasabah, karena pulau Bali adalah salah satu pulau berpenduduk mayoritas Mon-Muslim dan pernah ada penolakan dari mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Hindu Muda Bali terhadap Perbankan Syariah. Oleh karena itu Bank Syariah Mandiri harus memikirkan strategi untuk menarik nasabah yang beragama muslim maupun Non-Muslim. Strategi Komunikasi Pemasaran adalah salah satu cara untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang di tawarkan. PT Bank Syariah Mandiri memiliki produk PPR (Pembiayaan Pemilikan Rumah). Oleh karena itu Bank Syariah Mandiri harus menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang baik sehingga bisa dikenal, agar masyarakat bisa menerima dan mmbeli produknya baik masyarakat muslim maupun Non-Muslim.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Bank Syariah Mandiri Kantor Area Denpasar dalam memasarkan produk Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) di lingkungan penduduk mayoritas Non-Muslim dalam menarik nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Batasan masalah dari penelitian ini adalah bauran komunikasi pemasaran ((1) Periklanan (advertising); (2) Promosi penjualan (sales promotion); (3) Publisitas (publicity); (4) Penjualan pribadi (personal selling))
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa PT Bank Syariah mandiri menggunakan strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan ke empat bauran promosi tersebut. PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Denpasar juga tidak membedakan nasabah dalam hal agama, suku, ras, dan lainnya, karena Bank Syariah Mandiri bersifat rahmatan lil alamin. Adapun masyarakat Non-Muslim tidak melihat Bank Syariah Mandiri merupakan bank yang diperuntukkan bagi orang muslim semata, melainkan masyarakat Non-Muslim kebanyakan memilih Bank Syariah Mandiri Karena lebih mudah, cepat, dan lebih menguntungkan.
ENGLISH:
PT Bank Syariah Mandiri Denpasar Area Office has a bigger challenge in attracting customers, because the island of Bali is one of the predominantly non-Muslim island and there has been a rejection of students and youths who are members of the Alliance of Hindu Muda Bali against Sharia Banking. Therefore, Bank Syariah Mandiri must think of strategies to attract customers who are Muslim and Non-Muslim. Marketing Communications Strategy is one way to disseminate information, influence, persuade, and remind target markets of the company and its products to be willing to accept, buy, and loyal to the products on offer. PT Bank Syariah Mandiri having products PPR (financing home ownership). Therefore, Bank Syariah Mandiri must use a good marketing communication strategy so that it can be known, so that people can receive and buy products both Muslim and Non-Muslim.
The purpose of this research is to know marketing communication strategy by Bank Syariah Mandiri Denpasar Area Office in marketing Household Ownership Financing product (PPR) in non-Muslim majority in attracting customers. This research uses qualitative method with descriptive approach. The limitations of this research are Marketing Comunication Mix: (1) advertising; (2) sales promotion; (3) publicity; (4) personal selling.
Based on data analysis conducted, it can be concluded that PT Bank Syariah independently using marketing communications strategy using the four mix promotion. PT Bank Syariah Mandiri Denpasar Area Office also does not distinguish the customers in terms of religion, ethnicity, race, and others, because Bank Syariah Mandiri is rahmatan lil alamin. The non-Muslim community does not see Bank Syariah Mandiri is a bank intended for Muslims alone, but non-Muslim society mostly choose Bank Syariah Mandiri Because it is easier, faster, and more profitable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pratomo, Ahmad Sidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bauran Komunikasi Pemasaran; Produk; Mayoritas Non-Muslim; Marketing Comunication Mix; Products; Majority of Non-Muslims | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 19 Apr 2018 15:26 | ||||||
Last Modified: | 19 Apr 2018 15:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10775 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |