Implementasi layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (lakupandai) pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Malang

Amalia, Nida Rizqi (2017) Implementasi layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (lakupandai) pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
13540065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang diperlukan untuk mengembangkan layanan Lakupandai pada Bank Rakyat indonesia Syariah berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini mengambil objek pada PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Malang yang mana, Malang sudah memiliki layanan Lakupandai di area Jawa Timur. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Malang menentukan strategi untuk mengembangkan layanan Lakupandai pada Bank Rakyat indonesia Syariah berdasarkan analisis SWOT, dalam memberikan sosialisasi maupun memasarkan produk Lakupandai pada calon nasabah/agen yang ada di wilayah Malang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sementara lokasi penelitian mengambil tempat di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis SWOT, posisi perusahaan berada dalam kondisi tumbuh /grow. Maka implementasi strategi yang diambil adalah (1) segmentasi pasar yang tepat dengan menggunakan pendekatan psikografi dan sociocultureuntuk menentukan sasaran yang tepat seperti: komunitas pengusaha muslim,kelompok/jama’ah majelis ta’lim dan elompok-kelompok komunitas mahasiswa (2) Memilih lokasi yang dekat dengan nasabah yang memiliki karakteristik usaha yang digeluti, misalkan berada di ruko, toko, universitas maupun pasar (3) jika diperlukan agen membawa mesin EDC untuk memudahkan nasabah menjangkau agen Lakupandai. (4) testimoni agen, dengan dilakukan melalui pertemuan – pertemuan yang mengundang calon nasabah maupun calon agen dengan para agen Lakupandai (5) memasang iklan di internet maupun melakukan iklan di radio yang menyajikan tentang paparan logis dan menarikntentang alasan mengapa bergabung menjadi agen maupun menggunakan layanan Lakupandai layak untuk dipertimbangkan.

ENGLISH:

The purpose of this research is to determine the strategies needed to develop the services Lakupandai at Bank Rakyat indonesia Sharia based on the SWOT analysis. Researchers take objects on the PT. Bank Rakyat Indonesia Sharia branch offices in Malang due to Poor areas already have the Lakupandai service in the area of East Java. So the researchers wanted to find out how the people of PT. Bank Indonesia Sharia Branch Office of Hapless determine strategies to develop the Lakupandai service at Bank Rakyat indonesia Sharia based on the SWOT analysis, in providing socialization as well as market Lakupandai on the prospective customer/agent in the unfortunate.

This research uses qualitative research approach with the types of case studies. While the location of the research taking place at PT Bank Rakyat Indonesia Sharia branch offices in Malang. Data collection techniques used are interviews, observation, documentation, and library studies.

The results showed the results of the SWOT analysis, positioning the company to grow is in/grow. Then the implementation of the strategy taken is (1) an appropriate market segmentation by using psikografi and sociocultureuntuk approach to determining an appropriate target, such as: community of muslim businessmen, group/performing Assembly ta'lim and elompok-a group of community college students (2) Choosing a location close to the clients who have the characteristics of a group effort, e.g. are in the shop, store, market or University (3) if necessary, the agents bring EDC to facilitate customer reach out to the agent Lakupandai. (4) the agent's testimony, with done through meetings – meetings that invite prospective clients as well as candidates with agent Lakupandai agents (5) put an ad on the internet nor do the ads on the radio, which serves about logical and exposure menarikntentang reasons why merge into agent or use the services of Lakupandai deserves to be considered.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Siswanto, Siswanto
Keywords: Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Grand Strategy; Marketing Strategy; SWOT Analysis; Grand Strategy
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 19 Apr 2018 08:45
Last Modified: 19 Apr 2018 08:45
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10771

Actions (login required)

View Item View Item