Pengaruh promosi penjualan sebagai alat komunikasi pemasaran terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Ayam Bawang Cak Per Malang

Aziz, Zainun (2017) Pengaruh promosi penjualan sebagai alat komunikasi pemasaran terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Ayam Bawang Cak Per Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13510051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pertumbuhan bisnis yang sangat pesat mengharuskan para pengusaha kuliner untuk lebih kreatif dalam memperkenalkan produk dan usahanya. cara yang sering digunakan untuk memperkenalkan produk dan usaha adalah promosi penjualan yang dimaksudkan untuk dapat menarik minat konsumen. Rumah makan Ayam Bawang Cak Per Malang adalah rumah makan baru yang sering menggunakan media komunikasi pemasaran dengan Promosi Penjualan untuk memperkenalkan produk dan usahanya.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan yang terdiri dari free sample, potongan harga, bundling price, dan undian terhadap minat beli konsumen pada rumah makan Ayam Bawang Cak Per di Kota Malang. 138 responden dilibatkan dalam penelitian ini yang dipilih menggunakan teknik kuesioner/angket.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan promosi penjualan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Dalam uji parsial diperoleh hasil bahwa bundling price dan undian berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen rumah makan Ayam Bawang Cak Per. Sementara free sample dan potongan harga keduanya berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli konsumen rumah makan Ayam Bawang Cak Per.

ENGLISH:

The rapid growth of business requires culinary entrepreneurs to be more creative in introducing their products and business. A way that is often used to introduce products and businesses is a sales promotion that is intended to attract the consumer’s interest. Ayam Bawang Restaurant of Cak Per Malang is a new restaurant that often uses marketing communication media with Sales Promotion to introduce the product and its business.

This research has a purpose to know the effect of sales promotion which consists of free sample, discount price, bundling price, and lottery to consumer’s buying interest at Ayam Bawang Restaurant of Cak Per in Malang. 138 respondents were involved to this research that selected by using questionnaire techniques.

This research used quantitative approach and data analysis is done by multiple linear regression using SPSS software. The research results showed that sales promotion has an simultan effect on consumer’s buying interest. In partial test, it is found that bundling price and lottery have significant effect to consumer’s buying interest of Ayam Bawang Restaurant of Cak Per. While both free samples and discounted prices have no significant effect on consumer’s buying interest Ayam Bawang Restaurant of Cak Per.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Farida, Lailatul
Keywords: Promosi Penjualan; Minat Beli Konsumen; Sales Promotion; Consumer’s Buying Interest
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Arsyadillah Arsyadillah
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:51
Last Modified: 30 Jul 2018 06:52
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item