Sa’diyah, Jamilatus (2017) Analisis pengaruh Brand Image dan kelompok Referensi terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung: Studi kasus mahasiswa Universitas Islam Negeri Maliki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13510064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Persaingan bisnis antara produsen smartphone di indonesia kini semakin menggairahkan, hal ini dibuktikan dengan munculnya merek-merek baru dikancah persaingan bisnis sehingga menyebabkan indonesia sempat menjadi pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara dengan total penjualan sebanyak 7,3 juta unit pada kuartal pertama 2014. Untuk memenangkan persaingan, suatu produk membtuhkan brand image yang kuat agar dapat memberikan sejumlah keunggulan, seperti posisi pasar yang lebih superior dibandingkan pesaing. Konsumen dihadapkan dengan berbagai macam merek smartphone, sehingga mereka memerlukan informasi yang akurat tentang merek-merek tersebut dari sumber yang akurat, sumber tersebut adalah kelompok acuan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari brand image dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda melalui pengujian SPSS 16 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan kelompok referensi secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai f-hitung>f-tabel (4.092>3.07). Secara parsial brand image terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung>t-tabel (2.548>1.98045). Secara parsial kelompok referensi terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung>t-tabel (2.548>1.98045).
ABSTRACT
Business competition between smartphone manufacturers in Indonesia is now more exciting, this is evidenced by the existence of new brands in business competition, Indonesia had become the largest smartphone market in Southeast Asia with total sales of 7.3 million units in the first quarter of 2014. To win Competition, a product requires a strong brand image in order to provide a number of advantages, such as a superior market position than competitors. The consumers are faced with a variety of smartphone brands, so they need accurate information about these brands from an accurate source; the source is the reference group.
This research type was quantitative with descriptive method. The purpose of this study was to determine the effect of brand image and reference groups toward purchasing decisions. Sampling method used accidental sampling and purposive sampling. Analysis of data used multiple linear regression through testing SPSS 16 for windows.
Based on the results of the study indicated that brand image and reference group simultaneously influenced significant against purchase decision with the value of fcount> ftable (4.092> 3.07). Partially, brand image influenced on purchasing decision with t-count value> t-table (2.548> 1.98045). Partially, reference group influenced against purchasing decision with tcount value> ttable (2.548>1.98045).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Brand Image; Kelompok Referensi; Keputusan Pembelian; Reference Group; Purchase Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Sayyidah Awwaliyah | ||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2018 14:59 | ||||||
Last Modified: | 21 Mar 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10679 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |