Putri, Anggraini Enna Nurviyani (2017) Pengaruh hubungan interpersonal terhadap kepuasan kerja melalui budaya organisasi pada PT. PLN (Persero) Rayon Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13510014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA :
PT. PLN (Persero) Rayon Lamongan merupakan salah satu lembaga Negara yang bergerak dibidang tenaga listrik. Dimana dalam kegiatan operasionalnya membutuhkan para pekerja yang kompeten, oleh karena itu manajemen sumber daya manusianya juga harus ditingkatkan. Dalam hal ini interaksi antara atasan dan bawahan maupun karyawan dengan karyawan harus terjalin dengan baik. Ketika hubungan antar individu dilingkungan kerja telah dijalankan dengan baik maka dalam perusahan atau instansi tersebut akan tercipta suatu budaya organisasi yang akan membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan yang lain. Kebiasaan yang dijalankan secara terus menerus dan bisa diterima oleh setiap individu dalam perusahaan akan berimbas pada kepuasan kerja.
Penelitian yang digunakan adalah model penelitian pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data yang berupa angka. Sampel yang digunakan sebanyak 64 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan analisis jalur (path analysis) dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung antara variabel hubungan interpersonal terhadap kepuasan kerja melalui budaya organisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung Hubungan Interpersonal Terhadap Kepuasan Kerja. Sedangkan terdapat pengaruh secara tidak langsung Hubungan Interpersonal terhadap Kepuasan Kerja Melalui Budaya Organisasi. Hubungan antar individu di perusahaan akan terjalin dengan baik ketika para karyawannya telah menjalankan kebiasaan-kebiasaan yang nantinya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
ENGLISH :
PT. PLN (Persero) Lamongan District is one of state institutions that active in electricity power. Which is the operational activities needs competent workers, therefore the management of human resources should also be improved. In this case the interaction between superiors and subordinates and employees with employees must be well established. When the interpersonal relationship in the work environment has applied so that in the company or agency will create an organizational culture that will differentiate the company with other companies. Habits are run continuously and accepted by every person in the company, it will affect the job satisfaction.
The research that used is research model of quantitative approach by collecting data in the form of numbers. The samples used are 64 respondents by using sampling technique that is saturated sample. In this research, the researcher used the data analysis of validity test, reliability test, normality test, linearity test, and path analysis with the aim to know the direct effect and indirect effect between the variables of interpersonal relationship to job satisfaction through organizational culture.
The results research show that Interpersonal Relationship has no direct effect to Job Satisfaction. While the Interpersonal Relationship has indirect effect to Job Satisfaction Through Organizational Culture. Interpersonal Relationship in the company will be well established when the employees have been running habits that will give personal satisfaction for employees in carrying out the duties and responsibilities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Judiari, Josina | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hubungan Interpersonal; Kepuasan Kerja; Budaya Organisasi; Interpersonal Relationship; Job Satisfaction; Organizational Culture | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Zuhria Sulkha Amalia | ||||||
Date Deposited: | 09 May 2018 09:19 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2018 09:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10560 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |