Rosa, Qory Olyvia Indah (2017) Analisis rekrutmen dan seleksi agen dalam upaya menunjang kinerja karyawan di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12510136.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Salah satu modal utama dalam mendirikan sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia, oleh sebab itu kualitas sumber daya manusia senantiasa harus dikembangkan dan diarahkan agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Rekrutmen dan seleksi merupakan proses yang sangat menentukan kualitas sumber daya manusia, dalam penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengelolaan rekrutmen untuk menjadi agen pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Madiun, mengetahui pengelolaan seleksi yang digunakan untuk menjadi agen pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Madiun, dan mengetahui kinerja karyawan dari hasil rekrutmen dan seleksi agen pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Madiun.
Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif karena pendekatan ini sangat cocok untuk meneliti tentang pengelolaan rekrutmen dan seleksi dengan pengumpulan data dan observasi secara langsung. Metode rekrutmen pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Madiun adalah metode rekrutmen eksternal dan metode rekrutmen internal. Tahapan seleksi untuk agen yang digunakan adalah tes administrasi, tes wawancara kemudian jika calon agen memenuhi syarat dan lolos dalam proses seleksi akan mengikuti proses pelatihan agen. Kinerja karyawan dari hasil rekrutmen dan seleksi periode tahun 2011 – 2015 mengalami peningkatan prestasi dari periode tahun sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja karyawan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) terdiri dari beberapa aspek, yaitu: Tingkat kesehatan perusahaan, kontrak manajemen, skor dan kualifikasi GCG, jumlah karyawan dan kinerja karyawan. Rekrutmen dan seleksi pada agen PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) sudah berdampak positif dengan tingkat kinerja karyawan. Peningkatan jumlah agen juga berdampak pada jumlah tingkat kinerja karyawan di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Kinerja pegawai merupakan salah satu ukuran yang sering dipakai dalam menentukan efektivitas suatu perusahaan. Sebuah perusahaan akan mengalami perkembangan apabila kinerja karyawan juga mengalami peningkatan.
ENGLISH:
One of the main capital in establishing a company is human resources, therefore the quality of human resources must always be developed and directed to achieve the desired goals. The recruitment and selection arethe process that determines the quality of human resources, in this research aimed atknowing the management of recruitment to become agents at PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Branch of Madiun, knowing the selection management that was used to become an agent at PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Branch Madiun, and knowing the performance of employees from the recruitment and selection of agents at PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Branch Madiun.
In this research used qualitative approach because this approach was very suitable for research about the recruitment and selection management with data collection and observation directly. Recruitment method at PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Branch of Madiun used an external recruitment method and internal recruitment method. The selection stage of the agent used the administrative test, the interview test if the agent candidate had qualified and passed in the selection process will follow the agent training process. Employee performance of recruitment and selection results for the period of 2011 - 2015 increased the achievement from the previous years.
The results showed that the performance of PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) of some aspects: company health, management contract, a score and qualification the GCG, the number of employees and performance employee. The recruitment and selection on a PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) is a positive impact with the level of performance employee. The increase in the number of agents also have impact on the number of level the performance of employees in PT. Asuransi Jiwasraya (Persero). Performance of staff is e meansure that is often used in determing the effectiveness of a company. A company will experience the development of the performance of employees was increased.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Rekrutmen Agen; Seleksi Agen; Kinerja Karyawan;Agent Recruitment; Agent Selection; Employee Performance | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Tisa Maghfiroh | ||||||
Date Deposited: | 08 May 2018 10:49 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2018 10:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10547 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |