Wicaksono, Rizal Agung (2017) Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) di Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12510054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pertumbuhan penduduk, perkembangan pembangunan dan meningkatnya standar kehidupan menyebabkan kebutuhan akan air bersih terus meningkat. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang mengemban tugas pokok melaksanakan pengelolaan dan pelayanan air bersih. Di Kabupaten Madiun sendiri yang mengola dan melayani air bersih adalah PDAM Tirta Dharma Purabaya. Saat ini PDAM Kabupaten Madiun baru melayani 304,592 jiwa atau 42,65% , selain itu ada penyalur air bersih lain yaitu HIPPAM saat ini HIPPAM sendiri baru melayani 25,344 jiwa atau 8,68%, sisanya masyarakat Kabupaten Madiun menggunakan pompa air atau yang lainnya yaitu sebanyak 390,832 jiwa atau 43,57%. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa, masih banyak warga yang menggunakan pompa air untuk mendapatkan air bersih. Akan tetapi air yang berasal dari pompa air tersebut belum tentu aman dan baik untuk di konsumsi, karena belum ada penelitian yang jelas mengenai kualitas air tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti ingin meneliti Analisis Strategi Pemasaran PDAM Kabupaten Madiun.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dikembangkan oleh PDAM Kabupaten Madiun yang ditinjau melalui pendekatan marketing mix. Paradigma penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PDAM Kabupaten Madiun yang ditinjau dari marketing mix yaitu dengan menggunakan kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan (4K), sedangkan untuk pendistribusiannya menggunakan saluran perpipaan dan menggunakan truk tangki. Dari segi harga bisa menggunakan angsuran sebanyak 4 kali, sedangkan masyarakat yang tidak mampu bisa mendapatkan pemasangan gratis. Untuk segi promosi menggunakan media cetak dan media elektronik. Sedangkan untuk lokasi kantor berada di tempat yang mudah dijangkau oleh konsumen. Hal ini berdampak pada jumlah pelanggan yang semakin meningkat dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Madiun mengenai air bersih juga meningkat.
ENGLISH:
Population growth, development development and rising standards of living cause the need for clean water continues to increase. Regional Water Company (PDAM) which carry out the main duty to carry out the management and service of clean water. Madiun own district that manages and serves clean water is PDAM Tirta Dharma Purabaya. Currently PDAM Madiun District serves only 304.592 people or 42.65%, other than that there are other clean water suppliers that HIPPAM currently HIPPAM only serves 25,344 people or 8.68%, the rest Madiun Regency uses water pump or the other is as much 390,832 people or 43.57%. From the data can be seen that, there are still many people who use water pump to get clean water. However, water coming from the water pump is not necessarily safe and good for consumption, because there is no clear research on the quality of the water. Based on the above problems researchers want to examine Marketing Strategy Analysis PDAM Madiun District.
The purpose of this research is to know the marketing strategy developed by PDAM Madiun Regency which reviewed by approach of marketing mix. The paradigm of this research is descriptive qualitative research. The data of this research is obtained by interview and observation.
The results of this study indicate that marketing strategy done by PDAM of Madiun Regency evaluated from marketing mix that is by using quality, quantity, continuity and affordability (4K), while for distribution using piping channel and using tank truck. In terms of price can use 4 installments, while people who can not afford to get free installation. For promotion using print and electronic media. As for the location of the office is in a place that is easily accessible by consumers. This has an impact on the increasing number of customers and the welfare of the people of Kabupaten Madiun regarding clean water is also increasing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Marketing Mix; PDAM Kabupaten Madiun; strategi pemasaran; marketing strategy | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Durrotun Nafisah | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2018 09:58 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2018 09:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10540 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |