Risqiyah, Risa (2017) Perlindungan hukum terhadap konsumen PT. PLN (Persero) Banyuwangi dalam kasus pemadaman listrik tinjauan Undang – Undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan maslahah : Studi di PT. PLN (Persero) Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
1322047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pemadaman listrik yang dilakukan PLN Banyuwangi dapat mengganggu aktivitas sehari–hari para konsumen.Melindungi hak-hak konsumen merupakan kewajiban dari pelaku usaha (PLN Banyuwangi) untuk menjaga hak-hak konsumen, sebagai konsumen listrik adalah mendapatkan listrik secara terus menerus.Perlindungan konsumen merupakan hal penting bagi konsumen mengingat konsumen tidak secara langsung memiliki hubungan hukum dengan pelaku usaha (PLN Banyuwangi).Dengan adanya Undang-undang Perlindungan Konsumen No 08 tahun 1999 hak – hak konsumen dapat terlindungi dan dilihat dari aspek maslahah mursalah dapat mendatangkan manfaat dan menghilangkan kemudharatan.Berdasarkan latar belakang di atas, skripsi ini mengangkat dua rumusan masalah : (1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen PT. PLN (Persero) Banyuwangi dalam kasus pemadaman listrik tinjauan UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen ? (2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen PT. PLN (Persero) Banyuwangi dalam kasus pemadaman listrik perspektif maslahah mursalah ?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, yaitu melihat aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat.Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung oleh data-data hasil observasi, wawancara serta dokumentasi.Metode pengolahan datanya yakni, editing, klasifikasi, verifikasi, analisis, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, PLN sudah berusaha melindungi konsumennya, Adapun perlindungan konsumen yang diberikan oleh pihak PT. PLN Banyuwangi yaitu meningkatkan kecepatan pelaksanaan perbaikan pada saat terjadi pemadaman, memberikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan jika ada pemadaman yang berlangsung lama, Dengan dipenuhinya hak para konsumen PLN Banyuwangi yaitu pemadaman listrik dilakukan sesuai jadwal, dilakukan seminimal mungkin dalam pengerjaanya sehingga pemadaman tidak terlalu lama dan konsumen mendapatkan haknya kembali untuk bisa menikmati aliran listriknya. Hal ini sejalan dengan maslahah mursalah, karena didalamnya tidak ada pertentangan maslahah mursalah yang diantaranya melindungi harta. Dengan dipenuhinya hak para konsumen ini akan membawa manfaat bagi mereka, dengan adanya manfaat dapat mnciptakan sebuah kesejahteraan bagi para konsumen PLN Banyuwangi.
ENGLISH:
Blackout done by PLN Banyuwangi may disturb the daily activities of its consumers. It is the obligation of PLN to protect the right of its consumers – to get a continuous electricity. The protection is important for the consumerssince they have no direct legal relation with PLN Banyuwangi. The Law Number 8 of 1999 protects their right and gives them benefit and gets rid of the disadvantage. Based on the background, the study has two main problems: (1) How is the protection on PT. PLN (Persero) Banyuwangi consumers dealing with blackout based on Law number. 8 of 1999 concerning consumer protection? (2) How is the protection on PT. PLN (Persero) Banyuwangi consumers dealing with blackout based on maslahah mursalah?
The study is a juridical empirical research which looks at legal aspects in social interaction. The researcher employed a descriptive qualitative approach supported by the data from observation, interview, and documentation. The method of data processing includes editing, classification, verification, analysis and conclusion drawing.
The result shows that PLN has tried to protect its consumers’ right by accelerating the repair during blackout and giving facilities during long blackout. In addition, it tries to conduct blackout based on the schedule, do the repair as fast as possible to avoid a long blackout so its consumers get their right for electricity. The protection is in line with maslahah mursalahsince it has no problem with maslahah mursalahone of which to protect the wealth. The excellent consumer protection will lead to the prosperity of PLN Banyuwangiconsumers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hamdan, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perlindungan Konsumen; Pemadaman Listrik; Undang-undang Perlindungan Konsumen ; Maslahah; Consumer Protection; Blackout; Law on Consumer Protection; | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Arsyadillah Arsyadillah | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2018 11:16 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2018 11:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10503 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |