Maghfiroh, Rizal Nanda (2016) Nilai Pendidikan Multikultural pada Pancasila dan Piagam Madinah serta relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam (PAI). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan dan masyarakat bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan, pendidikan selain berperan meningkatkan kualitas masyarakat juga mampu mempengaruhi berubahnya sebuah sistem sosial masyarakat melalui proses stratifikasi sosial. Sementara itu problema dalam masyarakat tiada lain disebabkan karena kegagalan sebuah pendidikan. Oleh karena itulah berubahnya tatanan masyarakat menuntut pendidikan harus senantiasa berkembang menyesuaikan kondisi masyarakat. Kedatangan globalisasi menerjang belahan kehidupan menyebabkan berubahnya tatanan masyarakat kearah “kampung besar” hingga pada akhirnya muncul gagasan pendidikan multikultural yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan ditengah-tengah masyarakat yang multi kultur guna bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis dan dinamis.
Pancasila dan Piagam Madinah merupakan dua konstitusi yang sering dikaitkan dengan gagasan kemanusiaan mengingat keduanya muncul untuk menyatukan berbagai perbedaan dalam masyarakat, Pancasila menyatukan bangsa Indonesia yang terkenal plural dan Piagam Madinah menyatukan berbagai suku bangsa di Madinah. Dengan demikian Pancasila dan Piagam Madinah berkaitan erat dengan kajian pendidikan multikultural yang juga membawa nilai-nilai humanis.
Tujuan penelitian ini terdiri dari dua hal yaitu: (1) Untuk mengetahui nilai- nilai pendidikan multikultural pada Pancasila dan Piagam Madinah, (2) untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan multikultural pada Pancasila dan Piagam Madinah terhadap Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik studi pustaka (library research). Adapun pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi. Sedangkan untuk pembahasan data menggunakan analisis deduktif, induktif, komparatif, serta interpretatif.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, (1) Nilai-nilai Pancasila dan Piagam Madinah sejalan dengan nilai inti pendidikan multikultural (demokrasi, humanisme, pluralisme). Hal ini tampak pada kesesuaian nilai-nilai Pancasila dan Piagam Madinah yang pada dasarnya tidak lepas dari nilai inti pendidikan multikultural. (2) Nilai pendidikan multikultural pada Pancasila dan Piagam Madinah mempunyai sebuah relevansi terhadap Pendidikan Agama Islam (PAI) merujuk pada tiga indicator yaitu; kesesuaian nya dengan tujuan PAI, adanya pengaruh yang ditimbulkan terhadap PAI, dan adanya keterkaitan satu sama lain
ABSTRACT
Education and society are like two sides of a coin that could not be separated, the role of education in addition to improve the quality of society are also able to affect changes in social system through a process of social stratification. Meanwhile no other problems in society caused by the failure of an education. Hence changes in society requires education to be constantly evolving to adjust the condition of society. The phenomenon of globalization has changed the lives hit parts of the society towards the "Global Village" until finally came the idea of multicultural education that aims to develop human values in the midst of multi-cultural society to aim to create a harmonious and dynamic life.
Pancasila and the Medina Charter represent two constitutions that are often associated to the idea of humanity since both appear to unite the various differences in society, Pancasila Unite the Indonesian which famous of pluralism, and the Medina Charter brings together various tribes in Medina. Thus Pancasila and the Medina Charter is closely related to the study of multicultural education that also carries humanist values.
The purpose of this research consisted of two things: (1) To determine the values of multicultural education in the Pancasila and the Medina Charter, (2) to determine the relevance of the values of multicultural education in the Pancasila and the Medina Charter towards Islamic Education (PAI). This study used a qualitative approach using techniques literature study (library research). The data collection was conducted through documentation method. As for the discussion of the analysis of data using deductive, inductive, comparative and interpretative.
The results showed that, (1) The values of Pancasila and the Medina Charter in line with the core values of multicultural education (democracy, humanism, pluralism). It looks at the suitability of the values of Pancasila and Medina Charter basically can not be separated from the core values of multicultural education. (2) The value of multicultural education in the Pancasila and Medina Charter has a relevance to the Islamic Education (PAI) refers to the three indicators, namely; its conformity with the purpose of PAI, the influence caused to PAI, and the relation each others.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai Pendidikan Multikultural; Pancasila; Piagam Madinah; Values of Multicultural Education; Pancasila; the Medina Charter | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2018 15:20 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2018 15:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10379 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |