Eksplorasi kinerja lembaga wakaf produktif dengan metode balance scorecard: Studi kasus nadzir wakaf produktif minimarket Al-Khaibar

Ardlia, Hayyu Afuw (2018) Eksplorasi kinerja lembaga wakaf produktif dengan metode balance scorecard: Studi kasus nadzir wakaf produktif minimarket Al-Khaibar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14540017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Selama ini, pengukuran kinerja lebih banyak digunakan oleh organisasi laba. Sedangkan organisasi nirlaba seperti halnya lembaga pengelola wakaf yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan memberikan layanan sosial kepada masyarakat masih kurang menyadari pentingnya pengukuran kinerja bagi organisasi. Oleh karena itu perlu adanya pengukuran kinerja yang diterapkan oleh nadzir minimarket al-Khaibar dalam pengelolaan wakaf produktif untuk mengetahui kemampuan nadzir dalam menjalankan fungsinya mengelola dana wakaf, menjadi nadzir yang amanah, profesional, akuntabel dan transparan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja Nadzir jika diukur menggunakan balance scorecard.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif - kualitatif (mix). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, kuesioner dan audio visual. Analisis data dilakukan dengan cara mengukur empat perspektif dalam metode balance scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja wakaf produktif Minimarket al-Khaibar secara keseluruhan sudah sangat baik, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai balance scorecard yang dihasilkan yaitu sebesar 90%. Perspektif keuangan yang diukur menggunakan rasio ekonomi, efesiensi dan efektivitas sudah dikatakan cukup baik, meskipun ada rasio yang mengalami fluktuatif, akan tetapi Minimarket al-Khaibar masih mampu mendekati target. Perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang sangat baik di antara perspektif lainnya dengan nilai rating skor tertinggi sebesar 16%. Perspektif bisnis internal menunjukkan hasil yang kurang baik dalam proses operasinya dan mendapakan rating skor terendah di antara perspektif lainnya sebesar 3,5%. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil yang cukup baik, karena sudah mampu mencapai target yang diinginkan.

ENGLISH:

All this time, performance measurement is used more by a profit organization such private company aiming to increase its profits. While non-profit organization such waqf management institution that aims for the welfare of the community does not really realize the importance of performance measurement for the organization. Therefore, it needs to know the performance measurement of Nadzir Minimarket Al-Khaibar in managing its productive waqf to know the ability to run its functions as waqf funds mangement, a trustworthy professional, and accountable and transparent institution. Due to this fact, this study aims to explore how the performance management of Nadzir Wakaf Productive Minimarket Al-Khaibar is using balace scorecard.

This research uses quantitative approach-qualitative (mix). Data collection is done by doing observation, interview, literarure study, collecting questionnaire and audio visual. And data analysis is done by measuring four perspective in scorecard balance method; financial perspective, customer perspective, internal business perspective and learning and growth perspective.

The results of thi study indicates that the performance of Minimarket Al-Khaibar is good in a whole, it is known from the balance scorecard value, that is equal to 90%. The financial perspetive which consists of applying economic ratios, effeciency and effectiveness is good enough although fluctuating ratio happens, somehow Minimarket Al-Khaibar is still able to approach the target. The customer perspective shows the most excellent results among other perspectives with highest score rate of 16%. Internal business perspective shows poor results in its process of operation and gets the lowest score rate among other perspective that is 3.5%. while learning and growth perspective shows quite good result as it is able to achieve the expected target.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Khusnudin, Khusnudin
Keywords: Lembaga Wakaf; Pengukuran Kinerja; Balance Scorecard; Waqf Institution; Performance Measurement
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with username latihan16
Date Deposited: 24 Apr 2018 10:24
Last Modified: 24 Apr 2018 10:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10366

Actions (login required)

View Item View Item