Fariz, Mohammad Jazmi (2018) Implementasi etika syariah marketer pada Bank BRI Syariah KCP Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16540061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Syariah marketing adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah (bisnis) dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika syariah marketer pada bank BRISyariah KCP Kepanjen
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana tujuanya adalah untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian. Adapun batasan pada penelitian ini mengkaji tentang etika syariah marketer. subyek pada penelitian ini ada 5 informan. Data dikumpulkan dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketer BRISyariah KCP Kepanjen dalam prakteknya telah menerapkan etika syariah marketer secara baik, ditunjukkan dengan dimilikinya sikap kepribadian spiritual yang melekat dalam dirinya, tidak sebatas memasarkan produk akan tetapi ditanamkan sikap kepedulian terhadap nasabahnya, memberikan apa yang yang menjadi hak bersama tanpa harus membedakan dari kelas sosial maupun agama, memberikan fasilitas berupa layanan pengambilan/penjemputan dana nasabah, menciptakan segala sesuatunya yang amanah, kesesuaian informasi yang diberikan, serta menjauhkan diri dari sikap kecurangan termasuk didalamnya sogok menyogok (riswah).
ENGLISH:
Shariah marketing is a strategic business discipline that directs the process of creating, offering and changing the value of an initiator to its stakeholders, which in its entirety conforms to the covenants and principles of muamalah (business) in Islam. This study aims to find out how the implementation of sharia ethics marketer at bank BRISyariah KCP Kepanjen.
This research uses a qualitative descriptive approach where the goal is to describe systematically about the focus of research. The limitations in this study examine the principles of sharia ethics marketer. subjects in this study there are five informants. Data were collected by direct observation, interview, and documentation. The data analysis used is data reduction, data presentation and conclusion drawing.
This research demonstrates that marketers at Bank BRISyariah KCP Kepanjen in practice, Islamic ethical marketers have implemented well, He has shown an attitude of spiritual personality inherent in himself, not limited to market products but implanted attitude of concern for its customers, deliver what accrues together without having to differentiate from social class or religious, grant retrieval service facilities/pick up customer funds, creating things that mandate, the suitability of the information provided, as well as to keep away from the attitude of fraud including bribe.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahayu, Yayuk Sri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Etika Syariah Marketer; Sharia Marketer | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Unnamed user with username latihan8 | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2018 17:16 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2018 17:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10358 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |