Nu’man, Mohammad Afiyuddin (2017) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan karakter keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13110161.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Strategi pembiasaan karakter keagamaan merupakan rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus terhadap pembentukan karakter keagamaan siswa terutama pada selain untuk memaksimalkan dan memudahkan proses pembiasaan karakter keagamaan siswa juga bertujuan untuk meningkatkan mutu Guru Pendidikan Agama Islam khususnya peningkatan dalam bidang cara mengajar mata pelajaran Pendidikan Islam. Yang mana strategi tersebut merupakan jembatan penghubung dalam kegiatan belajar mengajar.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:1) untuk mengetahui nilai-nilai karakter keagamaan di SMA Negeri 1 Sugihwaras, 2) untuk mengetahuistrategi yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro dalam pembiasaan karakter keagamaan pada siswa baik dalam kegiatan keagamaan intern (KBM di dalam kelas), Kegiatan Eksrakurikuler, maupun kegiatan-kegiatan keagamaan lain yang tentunya masih membutuhkan dukungan oleh guru, baik guru pendidikan Pendidikan Agama Islam maupunpembinaan dari seluruh komponen yang ada di sekolah, 3) serta proses dalam pembiasaan karakter keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif, dan analisisnya menggunakan analisis diskriptif kualitatif yaitu analisis data dilakukan dengan menata dan menelah secara sistematis semua data yang diperoleh. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang menggunakan suatu peristiwa, gejala, kejadian, yang terjadi pada saat sekarang, artinya penelitian deskriptif adalah mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembiasaan nilai karakter yang ditanamkan Guru Pendidikan Agama Islam pada siswa di SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro adalah: a) Jujur yang mencakup jiwa religius, b) Cerdas yang mencakup disiplin, mandiri, kreatif, sosial. c) tangguh mencakup kerja keras, pantang menyerah. d) peduli yang mencakup komunikatif, cinta tanah air, peduli sosial. 2) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan karakter keagamaan pada siswa adalah: a) CTL (Contextual Teaching and Learning), b) pengintegrasian nilai keagamaan pada kegiatan ekstra sekolah. 3) proses pembiasaan karakter keagamaan pada siswa di SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro adalah: a) tahap anomi, b) tahap transformasi nilai, c) tahap transaksi nilai, d) tahap transiinternalisasi nilai.
ENGLISH:
Strategic habituation of religion characteristic is precise plan concerning activity to reach peculiar target upon religion characteristic building of student. Aside its work for student, the strategy also works for teachers upgrading skill, particularly within Islamic educators milieu. Moreover, in the context of how to learn Islamic subject well. However, it occupies an important position, that is, such a bridge in learning activity.
In the field of purpose, the research contains three points. First, to know religion characteristic value within public senior high school 1 Sugihwaras Bojonegoro. Second, to uncover the chosen strategy applied therein regarding strategic habituation of religion characteristic either internally, in the class, or externally, outside the class which need absolutely teachers support including all tied component in the school. Third, to know the process of religion characteristic habituation more in the school in common.
The research sits on qualitative genre of research which employs descriptive analysis approach. It supposes one to arrange and forecasting all gained data systematically. Descriptive research is an academic activity which employed such tragedy, symptom, and moment happened today. On other word, descriptive research shall take the specific and actual problem. An actual object which the research still ongoing.
Result of the research designates that first, habituation of characteristic value planted on students of public senior high school 1 Sugihwaras Bojonegoro remains four points. They are: (a) religious soul, that is, honest. (b) Smart, including discipline, self-sufficient, creative, and social. (c) Firm, containing hard worker, and strong. (d) Enthusiast, maintaining communicative, nationalist, socially care. Second, the strategy of Islamic education teacher in habituating religion characteristic includes, (a) CTL, contextual teaching and learning. (b) Religion value integration on external school activity. And the last, regarding process of religion characteristic habituation, it maintains two points. They are, (a) sequence value transaction and (b) value trans-internalization stage.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru PAI; Membiasakan karakter; Karakter keagamaan; Islamic education teachers strategy; characteristic habituation; religious characteristic | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:45 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2018 15:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10331 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |