Amdjad, Getar Muhammad (2017) The role of social studies learning on students character building in MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130152.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS), merupakan salah satu matapelajaran yang didalamnya berisi mengenai persoalan sosial. Dimana persoalan sosial ini akan dihadapi oleh para siswa kelak, sehingga mereka memerlukan pengetahuan dasar untuk menjalaninya. Yang mana dalam kehidupan sosial ini karakter adalah salah satu hal utama yang harus dimiliki oleh seorang individu untuk menjalani kehidupan sosialnya, tentunya karakter yang dimaksud adalah karakter yang mencerminkan kebaikan. Dalam pembelajaran IPS erat kaitannya materi yang diajarkan dengan karakter yang siswa perlukan, sehingga melalui pembelajaran IPS di kelas guru dapat menanamkan pendidikan karakter pada siswa yang akan berguna bagi mereka kelak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui peran dari pembelajaran IPS dalam membentuk karakter siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu, (2) mengetahui hasil dari penanaman karakter melalui pembelajaran IPS di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data yang ada dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran IPS terdapat 3 kompetensi yang menjadi pengukur dari pembentukan karakter siswa, dengan menggunakan 3 kompetensi tersebut didapatkan hasil sebagai berikut, (1) Kompetensi Individu, yang mana dalam hasil ini para siswa memperkuat karakter individu mereka seperti karakter, kejujuran, kedisiplinan dengan melalui pembelajaran IPS yang berlangsung, (2) Kompetensi Sosial yang mana siswa memperkuat pemahamannya mengenai karakter karakter sosial seperti cinta tanah air melalui pembelajaran IPS yang ada, (3) Kompetensi Intelektual, yakni para siswa mampu memperkuat karakter intelektualnya seperti rasa ingin tahu, rasa ingin maju dan berkembang setelah memalui proses pembelajaran IPS yang berlangsung. Sehingga dari beberapa komponen tersebut melalui pembelajaran IPS siswa mampu meraih tujuan utama dari pembelajaran IPS yakni menjadi warga negara yang baik.
ENGLISH:
Social studies, is one of the subject that contains about the social content. Futuremore this social issues will faced by the students, so they will need the basic knowledge to get through it. In this social life characters is one of the main things that must be owned by an individual to do their social life, of course, is a character that reflects the goodness. In social studies learning the material that contained are closely related with characters that students need, so by doing social studies learning through classroom teachers can build the character that will be useful for students in the future.
The purpose of this study is to: (1) find out the role of social studies learning in building the character of the students in MTs Hasyim Asy'ari kota Batu, (2) know the results of the characters building through learning IPS in MTs Hasyim Asy'ari Batu city. To achieve that goal the research using qualitative approach, by taking the location of research at MTs Hasyim Asy'ari Batu city. Data collection techniques who used are observation, interview, and documentation. Checking the validity of the data by using the triangulation technique. The data were analyzed by reduction of irrelevant data, exposing the data and draw conclusions.
Research results show that in the social studies learning there are 3 learning competencies that can measure the result of character building within the students, that 3 competences are, (1) the individual competence, which in result students strengthen their individual characters such as character, honesty, discipline by learning through social studies, (2) Social Competence which strengthen students understanding about the character of social environment, like nationality through social studies learning, (3) Intellectual Competencies, that is, the students were able to reinforce its intellectual character such as curiosity, a sense of going forward and grow after also through the process of social studies learning that goes on. So from the 3 competencies that already discuss the students are able to achieve the main objective of social studies, that is learning to become good citizens.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Pembelajaran IPS; Pembentukan Karakter | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | isna sari | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:30 | ||||||
Last Modified: | 24 Apr 2018 15:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10181 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |