Ashari, Riza (2015) Manajemen sumber daya guru dalam meningkatkan mutu lulusan Pondok Pesantren: Studi Multi Kasus Di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13710033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen utama dalam organisasi dibandingkan elemen lain seperti modal dan teknologi, sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan yang lain. Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam saat ini dinilai sebagai lembaga yang memiliki predikat rendah dari berbagai sudut, termasuk dalam mutu pengelolaan dan pelayanan yang masih belum mampu menunjukkan sisi-sisi profesionalitas dalam memberikan kepuasan para pelanggannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang : 1)Profil Mutu Lulusan Pondok Pesantren; 2) Manajemen sumber daya manusia Pondok Pesantren dalam peningkatan mutu lulusan; 3) Dampak Manajement sumber daya manusia pada meningkatkan mutu lulusan Pondok Pesantren.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis non statistik dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam dengan sumber data utama dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian ini terdapat perbedaan antara PP Lirboyo dan PM Gontor sehingga hasil persamaan dan perbedaanya dapat peneliti paparkan dengan Mutu Lulusan Pondok Pesantren yang meliputi :a. Bidang Akademis adalah: 1) Menguasai ilmu keagamaan, 3) Menguasai ilmu Bahasa Arab, English dan Indonesia 4) menguasai pelajaran umum. b. Nonakademis Santri yaitu: 1) Santri memiliki keterampilan seseuai yang di inginkan, 2) Santri memiliki kemampuan untuk berorganisasi. 3) Santri mampu berdisiplin., 4) Santri memiliki jiwa keikhlasan, keseder hanaan, kemandirian, ukhuwah islamiah, berjwa bebas. Serta berberpengetahuan luas, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas. 5) Santri memiliki prestasi dalam kegiatan ekrtakurikuler.
Manajemen sumber daya guru Pondok Pesantren Meliputi 1)Perencanaan SDM dirancang dan disusun secara sistematik dan berdasarkan kemandirian pondok pesantren dengan memperhatikan ciri khas Pondok Pesantren. 2) Rekrutmen SDM dilakukan secara tertutup, mandiri dan dengan mengedepankan prinsip profesionalisme. 3) Seleksi mengedepankan sumber daya dari hasil mandiri. 4) Orientasi, dilakukan dengan kegiatan formal,dengan memberikan arahan dan tugas. 5) Pelatihan dan pengembangan memberikan dampak dan pengaruh positif, baik untuk pondok peantren maupun personel. 6) Penilaian kinerja dilakukan dengan menggunakan dua aspek, yakni aspek penilaian model kuantitatif dan kualitatif. 7) Pengelolaan dan perencanaan karier dilakukan dengan proporsional. 8) Kompensasi dilakukan dengan memperhatikan pola kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung. Dampak Manajemen Sumber Daya Guru pada mutu lulusan diantaranya adalah 1) Animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya meningkat dari tahun ketahun, 2) Alumni pondok pesantren di tunggu oleh lembaga pesantren yang lain. 3) lulusan Pondok Pesantren berperan penting dimasyarakat dalam berbagai bidang.
ABSTRACT
Human Resource (SDM) is main element in organization than other element such as modal and technology, because the human itself is control to others. The school as one of organization or institution of education is judged as the institution has law accreditation score from various sides, including in the quality of management and service that has disable to show the professionalism side in giving the satisfying of customers.
This study aims to find and examine more deeply about: 1) Profile Quality Graduates boarding school; 2) Humman resources management in improving the quality of graduates of Boarding school; 3) Impact Management of human resources in improving the quality of graduates’ boarding school.
The research is descriptive analytic non statistic by using the qualitative approach and case study. The collecting data is through an observation, which the researcher functioned as an instrument for making an observation non participant, deep interview and primer data resource and documentation study. The data is analyzed by using interactive analysis through 3 activities that are reduction, display and concluding. The validity of data is obtained through prolongation of participant and triangulation data.
From this research, there is a difference between the PP Lirboyo and PM Gontor Lirboyo so that the similarities and difference can researchers describe the quality of boarding school graduates include: a. Academic fields are: 1) Mastering the religious sciences, 3) Master of Science in Arabic, English and Indonesian 4) master general subjects. b. Pupils nonacademic namely: 1) Pupils have the skills based on desired, 2) Students have the ability to organize. 3) Pupils were able to be disciplined. 4) Pupils have the spirit of sincerity, simplicity, independence, Islamic brotherhood, spirit of freedom. As well as extensive berberpengetahuan, able-bodied, well rounded and free-minded. 5) Students have achievements in ekrtakurikuler activities.
The cottage teacher resource management Peantren Covers 1) Human resources planning is designed and arranged systematically and based on the independence of boarding school with characteristic attention to boarding school. 2) Recruitment human umber held in private, independent and with the principle of professionalism. 3) Selection prioritize resources independent of results. 4) orientation, done with formal activities, to provide direction and tasks. 5) Training and development impact and positive influence, both for boarding and personnel. 6) Performance assessment is done by using two aspects, namely the aspects of quantitative models and qualitative assessment. 7) The management and career planning is done by proportionally. 8) Compensation is done by observing the pattern of direct compensation and indirect compensation.
Impact of Humman Resource Management on the quality of graduates which are 1) increasing prospective students, 2) Boarding school graduates needed by other boarding institutions. 3) graduates of boarding schools play an important role in society in all fields.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Mulyono, Mulyono | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Manajemen Sumber Daya Guru; Mutu Lulusan; Pondok Pesantren; Management of human resource; quality; Boarding School | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 15:52 | |||||||||
Last Modified: | 08 Mar 2018 15:52 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10176 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |