Nilai-nilai karakter dalam Surat Yūsuf: Prespektif Para Muffassir Studi Komparatif

Muttaqin, M. Imamul (2015) Nilai-nilai karakter dalam Surat Yūsuf: Prespektif Para Muffassir Studi Komparatif. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12770043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Al-Qur’ān al-Karim adalah Mukjizat yang kekal dan al Qur’ān al Karim selalu diperkuat oleh ilmu pengetahuan. Allah SWT kepada Raulullah SAW. untuk mengeluarkan manusia dari susana gelap menuju yang terang, serta membimbing mereka kejalan yang lurus. Disini kita dapat mengetahui bahwa fadhilah al-Qur’ān sebagai penjelas dan alternatif dari semua permasalahan yang ada, salah satu penjelas dalam al-Qur’ān adalah pembahasan tetang nilai-nilai pendidikan karakter.

Adapun tujuan penelitian ini, mencari konsep pendidikan karakter, konsep nilai-nilai pendidikan karakter dalam Surat Yūsuf, dan ayat-ayat yang mengandung nilai-nilai karakter. Seanjutnya di komparasikan menjadi satu, mencari persamaan dan perbedaan keduanya.

Penelitian ini menekankan pada pengungkapan makna teks suci dengan perspektif nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini termasuk library research, menggunakan metode Tafsīr dengan pendekatan maudhu’i (tematik) dan tahlili (analitik).Metode maudhu'i ialah membahas ayat-ayat al-Qur’ān sesuai dengan tema atau judul yang telah ditetapkan. Sedangkan metode tahlili ialah menafsirkan ayat-ayat al-Qur’āndengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsīrkan itu serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecendrungan mufassir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut

Peneliti menemukan beberapa temuan dalam Surat Yūsuf yaitu nilai-nilai pendidikan karakter: Amanah, Baik, Cinta tuhan dan segenap ciptaannya, Percaya diri, pekerja keras, Jujur, Santun, Hormat kepemimpinan dan keadilan.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwasanya Al Qur’an sudah terbukti berabad-abad lamanya dengan bukti yang nyata dan digunakan nilai-nilai karakter pendidikannya, dan tentunya sudah diterima secara universal dan berdampak positif kepada si pelaku dan orang lain.

ABSTRACT

Qur’ān is an eternal miracle and its miracle is always strengthened by science. It was gone down by Allah SWT to the prophet to release human being from darkness to enlightenment, as for guding them to the right track. Here we will know that the speciality of Qur’ān as an explaining and alternative resource for all problems. One of the contents in Qur’ān is discussion on character education values.

The study was aimed to (1) describe the general definition on character education including: the definition on values, character and character education, values of character education, the objectives of character education; (2) to describe the concepts of character education, values of character education in Surah Yūsuf and Ali-Imrān, and other verses consisting of character education values.

This research emphasized on utterances of text meaning with the perspective of character education values. It is a library research, by using Tafsīr method with maudhu’i approach (thematic) and tahlili (analytical). Maudhu'i method is analyzing Qur’ān verses in accordance with certain theme or tittle. While tahlili method is interpreting Qur’ān verses by explaining all aspects inside of such interpreted verses as well as the meanings suitable with the mufassir skills and tendencies.

In this research, the researcher found some character education values in Surah Yūsuf and ‘ali-Imrān: Values of Amanah, Amar ma’ruf nahi munkar, Best follower, Good people, Justice, Gratitude, Good attitude, Patience, Honesty, and Taqwa.

It was then concluded that Qur’an has been proven for many centuries with real proofs and it consists of character educational values inside, and certainly it is received universally and has given good impacts to both the does and others

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Muhammad, Suaib H. and Asrori, Muhammad
Keywords: Nilai-nilai; karakter; Surat Yūsuf; Values; character education; Surah Yūsuf and Ali-Imrān
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Mar 2018 08:53
Last Modified: 08 Mar 2018 08:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item