Pengelolaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kemandirian Pesantren Salaf: Studi Kasus di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Fauziah, Fauziah (2014) Pengelolaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan kemandirian Pesantren Salaf: Studi Kasus di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12710051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK

Pengelolaan pembiayaan pendidikan merupakan upaya mengelola pendidikan dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi khususnya dalam bidang pembiayaan yang difungsikan untuk operasional lembaga pendidikan. Dalam kenyataannya bahwa kebanyakan pesantren salaf tidak mampu menjalankan pengelolaan pembiayaan dengan baik, sehingga sarana, prasarana serta program pesantren tidak berkembang dengan baik. Di satu sisi terdapat Pesantren Sidogiri yang telah menjalankan sisi-sisi pengelolaan pembiayaan dengan baik, dengan mengembangkan usaha perekonomian maka pesantren menjadi lembaga pendidikan yang mandiri. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pengelolaan pembiayaan pesantren Sidogiri, (2) prinsip-prinsip pengelolaan pembiayaan pesantren Sidogiri, (3) faktor-faktor yang mendorong kemandirian pesantren Sidogiri dan (4) dampak kemandirian pengelolaan pembiayaan pesantren Sidogiri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Sumber data berasal dari beberapa informan dan dokumen yang disesuaikan dengan kebutuhan fokus penelitian. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sementara teknik analisis yang dipergunakan adalah reduksi data, display, kesimpulan dan verifikasi.

Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pengelolaan pembiayaan Pesantren Sidogiri dilakukan melalui tahap: a) Perencanaan yang bersifat bottom up dengan memfungsikan sumber dana yang dimiliki, b) Pelaksanaan dengan memberikan dana separuh terlebih dahulu dan sisanya menjelang realisasi kegiatan, c) Monitoring untuk menjaga likuiditas keuangan dan d) Evaluasi terhadap efektifitas program. (2) Prinsip-prinsip pengelolaan pembiayaan pesantren diantaranya: jujur, amanah, ikhlas, tuntas, manajemen dan komunikasi yang kuat, kemandirian ekonomi dan pengabdian. (3) Faktor-faktor yang mendorong kemandirian pesantren yaitu adanya keinginan untuk merealisasikan seluruh program dengan tepat dalam rangka Tafaqquh fi ad-Din dan Dakwah, terciptanya pendidikan yang berkualitas, adanya hubungan yang harmonis dengan santri dan alumni dan keinginan untuk menjauhkan masyarakat dari transaksi yang tidak halal. (4) Dampak kemandirian pesantren dalam pengelolaan pembiayaan diantaranya terpenuhinya anggaran dana untuk seluruh program, tersedianya sarana dan prasarana secara mandiri, terpenuhinya fasilitas modern yang memadai, tersedianya pendidikan murah bagi masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

ABSTRACT

The Management of education funding is an attempt how to build education with planning, implementation, monitoring and evaluation, especially in the areas of operational finance function for educational institutions. In reality that most pesantren salaf not able to run properly finance management, so that the facilities, infrastructure and boarding programs are not well developed. On the one hand there is a boarding school that has been running Sidogiri sides financing with good management, by developing the economy boarding attempt became an independent institution. The purpose of this study was to determine and describe (1) the management of Sidogiri boarding financing, (2) the principles of financial management of Sidogiri boarding, (3) the factors underlying Sidogiri boarding independence and (4) the impact of boarding Sidogiri finance management independence.

This study used a qualitative descriptive approach to the type of case study. Source of data derived from multiple informants and documents that are tailored to the needs of the research focus. The data collection techniques were interviews, observation and documentation studies. While the analysis techniques used are data reduction, display, conclusions and verification.

The results of this study are as follows: (1) Management of Sidogiri boarding school financing is done through a phase) bottom-up planning by enabling sources of owned funds, b) Implementation of the first half gave the funds and the remainder towards the realization of the activity, c) Monitoring to maintain financial liquidity and d) Evaluation of the effectiveness of the program. (2) The principles of financial management including boarding honest, trustworthy, sincere, thorough, strong management and communication, economic independence and devotion. (3) Background boarding independence that is the desire to realize the entire program to the right in order tafaqquh Fi ad-Din and the Da'wah, the creation of quality education, harmonious relationship with students and alumni and the desire to keep society from illicit transactions. (4) Impact boarding independence in the fulfillment of such financing management budget for the entire program, the availability of infrastructure independently, fulfillment of adequate modern facilities, the availability of low-cost education to the community and to improve the community's economy.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Mulyono, Mulyono
Keywords: Pengelolaan Pembiayaan; Kemandirian; Pesantren Salaf; Funding Management; Independence; Salaf Islamic Boarding
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Mar 2018 08:53
Last Modified: 08 Mar 2018 08:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10171

Actions (login required)

View Item View Item