Pendidikan karakter pada Full Day School: Studi Multikasus di SDI Kota Blitar dan SDIT Al-Hikmah Kabupaten Blitar

Arum, Maulida Fitriana (2017) Pendidikan karakter pada Full Day School: Studi Multikasus di SDI Kota Blitar dan SDIT Al-Hikmah Kabupaten Blitar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
14761037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membentuk budi pekerti atau perilaku seseorang. Unntuk membentuk karakter baik atau membuat perilaku seseorang menjadi baik tidaklah mudah, karena membutuhkan waktu yang panjang dan pembiasaan yang lama. Hal ini menjadi tantangan dunia pendidikan saat ini dimana dunia pendidikan dengan kurikulum baru yang menekankan pada pendidikan karakter menuntut guru untuk mencetak siswa yang berkarakter baik. full day school merupakan sekolah sepanjang hari yang mengharuskan siswa untuk berada di sekolah lebih lama dari sekolah pada biasanya, yaitu dari pagi sampai sore. Dengan rentang waktu yang cukup panjang sekolah akan lebih leluasa dalam menggunakan waktu di sekolah dalam menanamkan nilai-nilai baik dalam pembelajaran atau dalam budaya sekolah.

Adapun tujuan penelitian ini Pertama, Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai-nilai yang ditanamkan SDI Kota Blitar dan SDIT Alhikmah Garum Kab. Blitar dalam membentuk karakter pada full day school. Kedua, Mendeskripsikan dan menganalisis strategi pendidikan karakter pada full day school SDI Kota Blitar dan SDIT Alhikmah Garum Kab. Blitar. Ketiga, Mendeskripsikan dan menganalisis implikasi pendidikan karakter pada full day school di SDI Kota Blitar dan SDIT Alhikmah Garum Kab. Blitar.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian multikasus. Pengumpulandata dilakukan dengan wawancara tak bersetruktur, observasi dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa dan wali siswa diSDI Kota Blitar dan SDIT Alhikmah Garum Kab. Blitar.Setelah data diperoleh kemudian dianalisis data indivudu dan analisis multikasus, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter pada full day school di SDI Kota Blitar dan SDIT Alhikmah Garum Kab. Blitar. Konsep nilai-nilai yang ditanamkan oleh sekolah mengacu pada 18 nilai dari kemendiknas dan yang disesuaikan dengan visi misi sekolah. Strategi yang dipakai untuk menanamkan nilai-nilai dalam pendidikan karakter antara lain: (1) melalui kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas, (2) melalui kegiatan ekstrakulikuler sekolah, (3) melalui budaya sekolah, (4) melalui kegiatan siswa di rumah dengan pantauan orang tua. Implikasi pendidikan karakter pada full day school yaitu: (1) Pengkondisian kegiatan sekolah lebih mudah dan maksimal, (2) Hubungan guru dan siswa lebih dekat dan (3) Perilaku siswa yang mencerminkan nilai-nilai karakter yang diinginkan oleh sekolah

ABSTRACT

Character education is an effort to build good character and behavior. Building good character is not easy, because it takes a long time and a long habit. This is a challenge for today edueducation when education with a new curriculum that emphasizes character education requires teachers to educate students to good character. full day school is a program that requires student stay in the school longer than the ordinary school. from morning to evening. With a long enough time span, the school will be more flexible in using the time at school in instilling good values in learning or in school culture.

The purpose of this study are: Firstly, describe and analyze the concept of values embedded by Islamic Elementary School. Blitar and Al-hikmah Garum integrated Islamic Elementary school, Blitar in building character of the full day school. Second, Describe and analyze the strategies of character education in full day school at Islamic Elementary School, Blitar and Al-hikmah Garum Blitar. Third, describe and analyze the implications of character education in full day school, Blitar and Al-hikmah Garum integrated Islamic Elementary school, Blitar.

In this study, researchers uses a qualitative approach of multi-case research type. Data collection used is unstructural interview, observation and documentation. The informant of research are the principal, vice-deputy head of school curriculum areas, teachers, and students and parents in Islamic Elmentary School, Blitar and Al-hikmah Garum Integrated Islamic Elmentary school, Blitar After the data obtained and analyzed, the test validity is done by triangulation technique.

The results show that character education in the full day school at Islamic Elmentary school, Blitar and Al-hikmah Garum Integrated Islamic Elementary school, Blitar has concept of values instilled by the schools which refer to the 18 grades of the Ministry of National Education and to the vision and mission of the school. The strategy which is used to intill values in character education, are: (1) through learning activities (KBM) in class, (2) through the extracurricular activities of the school, (3) through the culture of the school, (4) through the activities of students at home with monitoring by parents. Implications of character are: (1) condotioning school activities easier and maximal, (2) The relationship between teacher and student is closer and (3) The students’ ettitudes reflect good characters

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mulyadi, Mulyadi and Aziz, Rahmat
Keywords: Pendidikan Karakter dan Full Day School; Character Education and Full Day School
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 23 Feb 2018 09:12
Last Modified: 23 Feb 2018 09:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10019

Actions (login required)

View Item View Item