Fatmayanti, Umi (2017) Tindak tutur orangtua dalam pembentukan karakter anak. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14761018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Orangtua merupakan lingkungan pertama dalam membangun, membentuk dan menentukan karakter anak. Pembentukan karakter pertama dimulai ketika orangtua berinteraksi dengan anak menggunakan tindak tutur yang khas dari orangtua. Adapun tujuan dari penelitian ini pertama Menganalisis dan mendeskripsikan tindak tutur yang paling dominan digunakan orangtua di kelurahan Pematang Botam. Kedua Menganalisis dan mendeskripsikan Karakter yang dibentuk oleh tindak tutur orangtua dikelurahan Pematang Botam. ketiga Menganalisis dan mendeskripsikan strategi penyampaina tindak tutur orangtua di kelurahan Pematang Botam dalam membentuk karakter anak.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara mendalam dan observasi keterlibatan pasif di kelurahan Pematang Botam. Setelah data diperoleh dianalisis, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.
Dari penelitian ini diperoleh hasil (1) tindak tutur yang dominan digunakan orangtua adalah tindak tutur direktif (2) Karakter yang dibentuk oleh tindak tutur orangtua meliputi; a) percaya diri, tenang dan dominance yang dibentuk oleh tindak tutur representatif. b) mandiri, tanggung jawab dan peduli sosial yang dibentuk oleh tindak tutur direktif. c) karakter percaya diri dibentuk dengan tindak tutur ekspresif sedangkan rendah diri dan dendam dibentuk oleh tindak tutur ekspresif mengeluh, dan ekspresif menyalahkan d) karakter penakut dibentuk oleh tindak tutur komisif mengancam. e) karakter pasif dibentuk oleh tindak tutur deklarasi jangan. (3) strategi penyampaian tindak tutur orangtua dalam membentuk karakter anak. Meliputi; a) tindak tutur dengan anak terdapat unsur qaulam sadidan, qaulam balighan dan qaulan ma’rufa dan perhatikan kondisi emosi anak. b) Dalam menyampaikan tindak tutur representatif dengan bergurau jika ada tindak tutur yang dirasa menyinggung perasaan anak dan memperkuat pendapat anak. c) Menggunakan tindak tutur direktif perintah dengan menyarankan, mengungkapkan alasan, pilihan dan penjelasan. d) Menggunakan tindak tutur ekspresif jika anak melakukan hal yang tidak biasa dan dalam tindak tutur ekspresif kritik terdapat unsur pertanyaan serta mengingatkan anak. e) Menggunakan tindak tutur komisif larangan “jangan” disertai dengan keterangan (keterangan yang akan menjadi akibat dari perbuatan yang dilakukan).
ABSTRACT
Parents are the first people who build, shape and determine the character of the child. Character building of children begins when parents interact with children using typical speech acts. The purposes of this research are first, to analyze and describe the most dominant speech acts used by parents in Pematang Botam village; second, to analyze and describe the character formed by parent’s speech acts in Pematang Botam village, and third, to analyze and describe the parents’ speech acts delivery strategy in Pematang Botam village in character building of a child.
This research uses qualitative approach with case study. The data collection techniques are documentation, in-depth interview, and passive involvement observation in Pematang Botam village. After the acquired data are analyzed, its validity is checked by using triangulation of sources and methods.
The results of the research study are (1) dominant speech acts used by parents is a directive speech act (2) the characters formed through parents’ speech acts cover; a) confident, quiet and dominant formed by a representative speech acts. b) independent, responsible, and social-care formed by directive speech acts. c) confidence is formed with expressive speech acts, whereas inferiority and resentment are formed by the expressive speech acts of complaining and blaming. d) timid character is formed by a threatening speech acts. e) passive character is formed by speech acts of declarative statement “do not”. (3) parents’ speech act delivery strategy in shaping the character of children cover; a) speech acts contains element of qaulam sadidan, qaulam balighan and qaulan ma’rufa. b) in delivering the speech act, parents should include jokes to avoid a perceived speech act of offending the child and to strengthen the child's opinion. c) use directive speech acts of commanding by suggesting, revealing the reason, selection and explanations. d) using expressive speech acts if children do unusual things and if it contains criticism, question and reminding. e) using speech acts of commissive “do not” accompanied by captions (information that will become the impact of undertaken actions).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susanto, Djoko and Budianto, Langgeng | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Tindak Tutur; Orangtua; Karakter Anak; Speech Act; Parents; Children's Character | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2018 16:10 | |||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2018 16:10 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/10003 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |